Komunikasi Kreatif dalam Proses Pembuatan Iklan Online (Studi Kasus Café Sudut Pandang Kopi)

Main Article Content

Elfian Elfian
Sinta Paramita

Abstract

This research is about Creative Communication in the step of making online advertisements at MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) Sudut Pandang Coffee cafe. The purpose of this research is to find out creative communication in the process of making online advertisements at the Sudut Pandang Coffee cafe. Researchers used qualitative research with case study methods. The subjects are MSME who own and carry out advertisements on their social media, while the object is the processes in making online advertisements. Researchers collected data by conducting interviews with  Micro, Small and Medium Enterprises, namely Sudut Pandang Coffee cafe. The result of this research is that making online advertisements involves a creative process starting from taking photos of products to uploading them to social media. The conclusion is that the creative communication carried out by MSME in making online advertisements is to produce attractive product photos, captions that provoke consumer buying interest, do endorsements, and make many interesting promos. The results are creative communication in the process of making online advertisements in the form of product photos, interesting captions, hiring endorsers, and making attractive promos. The conclusion in this study, that there is creative communication carried out by business actors, in carrying out their promotions there must be creative things that are done to attract consumer buying interest.


Penelitian ini mengenai komunikasi kreatif dalam langkah pembuatan iklan online pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) cafe Sudut Pandang Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi kreatif di proses pembuatan iklan online pada café Sudut Pandang Kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah UMKM yang memiliki dan berkomunikasi dengan iklan pada media sosial mereka, sedangkan objek penelitian ini adalah proses dalam pembuatan iklan online. Pengumpulan data penelitian ini dilakukannya wawancara dengan pemilik usaha mikro kecil menengah, yaitu café Sudut Pandang Kopi. Hasil penelitian ini adalah dalam membuat iklan online tersebut melibatkan proses kreatif mulai dari memfoto produk sampai mengunggahnya ke media sosial. Kesimpulan penelitian ini, komunikasi kreatif yang dilakukan para UMKM dalam pembuatan iklan online adalah dengan menghasilkan foto produk yang menarik, caption yang memancing minat beli konsumen, melakukan endorse, dan membuat banyak promo-promo menarik. Hasil dari penelitian ini adalah adanya komunikasi kreatif dalam proses pembuatan iklan online berupa foto produk, caption yang menarik, menyewa endorser, dan membuat promo-promo yang menarik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ditemukan adanya komunikasi kreatif yang dikerjakan oleh para pelaku usaha, pada saat melakukan promosinya pasti ada hal kreatif yang dilakukan untuk menarik minat beli konsumen.

Article Details

How to Cite
Elfian, E., & Paramita, S. (2022). Komunikasi Kreatif dalam Proses Pembuatan Iklan Online (Studi Kasus Café Sudut Pandang Kopi). Prologia, 6(2), 394–401. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15592
Section
Articles

References

Applegate, E. (2016). Strategic Copywriting: How To Create Effective Advertising. United Kingdom: Rowman & Littlefield.

Candraningrum, D. A., & Junaidi, A. (2019). Pemanfaatan Influencer Sebagai Sarana Komunikasi Merek Dengan Generasi Milenial. (W. P. Sari, & L. Irena, Eds.) Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT: Rinekha Cipta.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Hadiyati, E. (2011, 03). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Percy, L., & Rossiter, J. (1987). Advertising and Promotion management. Singapore: McGraw-Hill.

Riandy, D., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Kreatif Iklan Online Shop Aksesoris Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Akun @Summercity_Id Dan @Neve_Blink). Prologia, 3(1), 74-79.

Sutikno, S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif: Mengurai Seputar APA dan Bagaimana Cara Praktis Menulis dan Melakukan Penelitian Kualitatif Secara Benar Dari A sampai Z. Lombok: Holistica.

Tanzeh, A., & Suyitno. (2006). Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.