Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Scarlett Whitening terhadap Kepuasan Konsumen

Main Article Content

Paulina Wijaya
Rezi Erdiansyah

Abstract

The beauty-focused industry is increasing year by year so companies continue to compete to develop their brand image. A positive brand image that is built in the minds of consumers can make the company's products superior and valuable from competitors. In addition to brand image, product quality is also an important factor for companies, because quality products are the main requirement for consumers to buy company products. With a positive built brand image and superior product quality, consumers will feel satisfied and lead to loyalty to buy the product. The purpose of this study was to analyze the effect of brand image and product quality on consumer satisfaction with Scarlett Whitening products. This study used a purposive sampling research technique by distributing questionnaires to 85 respondents. Analysis of the data used by researchers using validity test, reliability test, F test, hypothesis testing, coefficient of determination, multiple regression analysis, and correlation coefficient. The results of the study stated that brand image and product quality had a significant influence on Scarlett Whitening's consumer satisfaction. However, consumer satisfaction has the most influence on product quality, followed by brand image.


Industri yang berfokus pada bidang kecantikan mengalami peningkatan pertahunnya sehingga perusahaan terus bersaing untuk mengembangkan citra merek mereka. Citra merek yang terbangun positif dalam benak konsumen dapat membuat produk perusahaan unggul dan bernilai dari kompetitor. Selain citra merek, kualitas produk juga menjadi faktor penting bagi perusahaan, karena produk yang berkualitas merupakan syarat utama konsumen membeli produk perusahaan. Dengan citra merek terbangun positif dan kualitas produk yang unggul, konsumen akan merasa puas dan menimbulkan loyalitas untuk membeli produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada produk Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 85 responden. Analisis data yang digunakan peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji hipotesis, koefisien determinasi, analisis regresi berganda, dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menyatakan citra merek dan kualitas produk memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Scarlett Whitening. Namun demikian, kepuasan konsumen paling berpengaruh terhadap kualitas produk, lalu diikuti dengan citra merek.  

Article Details

How to Cite
Wijaya, P., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Scarlett Whitening terhadap Kepuasan Konsumen. Prologia, 6(2), 296–303. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15475
Section
Articles

References

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh.

Prayitno, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Bakmi Raja Nikmat Cabang Royal Plaza Surabaya. Agora, 6(2).

Yulika, B. R. A. (2019). Analisis Kompensasi, Komitmen Organisasi, Dan Pengembangan Karir Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Samafitro Cabang Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).