Makna Tersembunyi Pesan Iklan Perusahaan Travel Berbasis Online Menggunakan Talent Pemuda (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Traveloka)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tersembunyi yang terkandung dalam iklan Traveloka versi Bungee Jumping yang dirilis di tahun 2014, melalui penafsiran tanda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika. Acuan dalam penelitian ini adalah semiotika Charles Sanders Pierce menggunakan teori segitiga makna (sign, object dan interpretant). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa iklan Traveloka versi Bungee Jumping menggunakan pendekatan gaya hidup dangan teks yang memberikan kesan pemuda sejak awal. Iklan traveling ini dikemas dengan cara yang menyentuh emosi penonton. Makna yang tercipta adalah Traveloka hendak memperkenalkan gaya hidup pemuda yang serba instan.
Article Details
References
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Kotler, Philip, (2002). Menajemen Pemasaran (Jilid 1, Edisi Melenium), Jakarta:
Prehallido.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Loisa, Riris. (2009). Alat-Alat Propaganda Di Dalam Iklan Para Calon Presiden
(http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1132)
Morrisan, M.A. dan Wardhani, Andy Corry. (2009) Teori Komunikasi tentang Komunikator,Pesan, Percakapan dan Hubungan. Yogyakarta:Penerbit Ghalia
Indonesia.
Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.