Hubungan Motif dan Kepuasan Dalam Menggunakan Media Sosial Instagram

Main Article Content

Zalline Putri Agus Abadi
Pinckey Triputra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan setiap orang yang berbeda - beda dengan pemenuhan yang berbeda juga, termasuk dalam menggunakan media. Khususnya usia remaja-dewasa sebagai pengguna aktif internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motif dan kepuasan dalam menggunakan media sosial instagram. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah metode kuantitatif, dengan berlandaskan pada teori uses and gratifications yang mengganggap khalayak secara aktif memilih media yang akan digunakan. Sejalan dengan konsep yang digunakan Palmgreen dalam penelitiannya, untuk mengukur kepuasan gratification sought (GS) dan gratification obtained (GO) yang akan menghasilkan kesenjangan antara keduanya. Hasil penelitian menunjukan motif yang paling tinggi adalah hiburan, dengan kepuasan yang paling besar pada pemenuhan kebutuhan informasi. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motif dan kepuasan dalam menggunakan media sosial instagram.

Article Details

How to Cite
Abadi, Z. P. A., & Triputra, P. (2018). Hubungan Motif dan Kepuasan Dalam Menggunakan Media Sosial Instagram. Prologia, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1366
Section
Articles
Author Biographies

Zalline Putri Agus Abadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Pinckey Triputra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Farady, R., & William, D. M. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Postingan Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumuboo! (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies. Dipetik Juli 23, 2017, dari journal.untar.ac.id: http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (1 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

McQuail, D. (1987). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Nisfiannoor, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Susanto, E. H. (2011). Media Baru, Kebebasan Informasi dan Demokrasi Di Kalangan Generasi Muda. Dipetik Juli 23, 2017, dari journal.tarumanagara.ac.id: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1246/1283

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS (3, Cetakan 1 ed.). Yogyakarta.

Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa (8 ed.). Jakarta: Kencana.