Interior Ramah Anak pada Area Lobby dan Administrasi PG-K di Sekolah Bogor Raya

Main Article Content

Gabriella Fiona Fidelia
Noeratri Andanwerti
Nikki Indah Andraini

Abstract

Rentang usia 2-6 tahun adalah tahap usia seorang anak disebut anak prasekolah. Pendidikan prasekolah merupakan salah satu pendidikan yang cukup penting bagi seorang anak dimana seorang anak belajar diluar dari lingkungan keluarganya. Tujuan dari pendidikan prasekolah ini tentunya terfokuskan pada perkembangan sikap, intelektual, keterampilan fisik dan motorik, sosial, moral, dan juga daya cipta seorang anak sehingga mampu untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru serta memacu pertumbuhan dan pengembangan ke tahap selanjutnya. Usia 2-6 tahun juga termasuk dalam usia emas (golden age) dimana seorang anak akan mengalami perkembangan yang luar biasa baik secara fisik, kognitif, emosi, dan sosial. Untuk memaksimalkan hal tersebut, PG-K Sekolah Bogor Raya perlu untuk menciptakan pembelajaran aktif dan interaktif yang salah satunya mampu diciptakan dari perancangan interior ruang kelas dengan lingkungan yang ramah anak dimana anak dapat belajar sambil bermain agar aspek kognitif
(kreativitas) dan afektif (rasa senang) dapat dioptimalkan. Tata kondisional, tata letak, alur sirkulasi, serta pemilihan material juga perlu menyesuaikan anak prasekolah agar mengoptimalkan aspek psikomotorik (aktivitas) anak.

Article Details

Section
Articles

References

Artistiana, Nenden Rilla. 2019. Aneka Permainan Kreatif untuk Anak Prasekolah. Bandung: Penerbit Duta.

Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Kurikulum-Balitbang Depdiknas. (2007) Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan

Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. (2014). NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria) Pedoman Prasarana pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Diyanti, Ayu Oktira, dkk. (2014). Lingkungan Ramah Anak pada Sekolah Taman

Kanak-kanak. Jurnal RUAS, Volume 12 No 2, ISSN 1693-3702,62-64.

Harmastuti, Agnes Sukmanita. 2009. Perencanaan dan Perancangan Interior Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas

Maret.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Perilaku Anak Prasekolah: Masalah dan Cara Menghadapinya. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.

Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: KENCANA.

Renata, Audrey Tasya Vidya. 2020. Perancangan Desain Interior Bright Stars Preschool, Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Sekolah Bogor Raya. Tanpa Tahun. Kelompok Bermain & Taman Kanak-Kanak (PG-K).

https://sekolahbogorraya.com/playgroup-kindergarten-pg-k/, diakses pada 13 September 2022 pukul 13.30 WIB.

Widyastari, V S, dkk. (2020). Implementasi International Baccalaureate Curriculum Tingkat Primary Years Programme Sekolah Dasar Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmiah

210 - 215, Volume 7 Nomor 3.

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA