Konsep “Shaping Imagination” pada Interior Ruang Kelas Seni, Sinar Dharma Kindergarten, Jakarta

Main Article Content

Yosie Meisindo
Aghastya Wiyoso
Andrey Caesar Effendi

Abstract

Pada Pendidikan usia dini merupakan hal yang paling penting dalam tumbuh kembang bagi setiap anak pada generasi sekarang. Sebagian besar orang tua memilih menitipkan anak-anak mereka ke tempat pendidikan usia dini, seperti playgroup, daycare dan taman kanak-kanak atau tempat pendidikan usia dini yang sesuai. Diketahui usia 3-6 merupakan masa dimana anak dalam Golden Age. Pada masa ini, perkembangan otak mereka dapat merespon cepat dalam belajar dan cepat tanggap terhadap apa yang mereka liat, dan mulai menerima berbagai respon dari luar sebagai bentuk proses ke tahap dewasa. Pada umumnya kegiatan bermain dan belajar di taman kanak-kanak banyak dihabiskan didalam ruangan, sehingga suasana interior ruangan dapat mempengaruhi aktiftas dan perilaku kembang anak. Sehingga dalam perancangan tugas akhir ini yang berjudul “Perancangan Interior Sinar Dharma, Kindergarten”
memfokuskan ruangan belajar dan bermain yang sesuai image taman kanak-kanak, dengan ruang yang ceria serta memiliki keamanan dalam pemilihan material. Dengan memperhatikan unsur bentuk, warna dan elemen interior yang bisa di terapkan pada ruangan anak-anak dengan tujuan memberikan kesempatan bagi anak untuk berimajinasi secara kreatif serta menyalurkan bakat dan minat anak. Metode yang digunakan dalam proses Perancangan Interior Sinar Dharma, Kindergarten ini adalah dengan menggunakan teori proses desain 8 proses langkah dari Rosemary Kilmer & W. Ottie Kilmer.

Article Details

Section
Articles

References

Astrini, W. (2005). Pengaruh Interior Ruang Belajar Dan Bermain Terhadap

Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Anak Di Tk Negeri Pembina Malang.

Dimensi Interior, 3(1).

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kilmer, R. & Otie Kilmer. (2014). Designing Interiors Second Edition.

Laswandi, H. (2021). PERAN PSIKOEDUKASI TENTANG MOTIVASI TERHADAP KESADARAN BERPRESTASI SISWA DI PESANTREN. Prosiding SENAPENMAS,

973-978.

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2015). MENTERI PENDIDIKAN DAN

KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 146 TAHUN 2014 TENTANG

KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Prasekolah, P. (1990). No Title. Sari, S. M. (2004). Peran warna interior

terhadap perkembangan dan pendidikan anak di taman kanakkanak.

Dimensi Interior, 2(1), 22–36.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178.