Tinjauan Gaya Desain Kontemporer Pada ART:1 New Museum, Jakarta

Main Article Content

Rico Wijaya
Dwi Sulistyawati
Mariana

Abstract

Didalam proses mendesain dalam ilmu arsitektur maupun interior desain keduanya memiliki tema sebagai sebuah ide konsep untuk menyelesaikan sebuah masalah desain dari seorang desainer, dan gaya untuk membuat desain pada ruangan menjadi memiliki kesatuan sehingga menciptakan desain yang nyaman dan indah. Namun, salah satu gaya yang sering disalah artikan ialah gaya kontemporer oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka dan observasi yang dimana penulis mengambil data-data faktual dari berbagai data yaitu; artikel ilmiah, buku, maupun data-data kredibel yang terekait dengan topik penelitian dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamtan secara langsung. Dengan menggunakan teknik studi pustaka akan dapat memperjelas tentang apa itu gaya desain kontemporer, sedangkan dengan teknik observasi dapat dibandingkan tentang pengertian kontemporer itu sendiri dengan desain interior dari ART: 1 New Museum itu sendiri. enelitian ini dilakukan dengan harapan agar kita dapat lebih memahami tentang sebuah gaya desain kontemporer dalam arsitektur maupun interior serta ciri khasnya sehingga tidak terjadi salah pemahaman lagi.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Rico Wijaya, Universitas Tarumanagara

Didalam proses mendesain dalam ilmu arsitektur maupun interior desain keduanya memiliki tema sebagai sebuah ide konsep untuk menyelesaikan sebuah masalah desain dari seorang desainer, dan gaya untuk membuat desain pada ruangan menjadi memiliki kesatuan sehingga menciptakan desain yang nyaman dan indah. Namun, salah satu gaya yang sering disalah artikan ialah gaya kontemporer oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka dan observasi yang dimana penulis mengambil data-data faktual dari berbagai data yaitu; artikel ilmiah, buku, maupun data-data kredibel yang terekait dengan topik penelitian dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung. Dengan menggunakan teknik studi pustaka akan dapat memperjelas tentang apa itu gaya desain kontemporer, sedangkan dengan teknik observasi dapat dibandingkan tentang pengertian kontemporer itu sendiri dengan desain interior dari ART: 1 New Museum itu sendiri. enelitian ini dilakukan dengan harapan agar kita dapat lebih memahami tentang sebuah gaya desain kontemporer dalam arsitektur maupun interior serta ciri khasnya sehingga tidak terjadi salah pemahaman lagi.

References

Aljauza. (2020, September 1). Gaya Dan Tema Dalam desain interior. aljauza.my.id. Retrieved October 2, 2021, from https://www.aljauza.my.id/2020/09/gaya-dan-tema-dalam-desain-interior.html.

Apa Itu Kontemporer? Kontemporer Adalah. Kamus Istilah Properti. (2021, September 7). Retrieved October 2, 2021, from https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/kontemporer/

Inc, K. (Ed.). (2000). The World of Contemporary Architecture. Konemann inc.

L, H. (1964). Contemporary Architecture: Its Roots and Trends. Paul Theobald and Co.

Pusat Bahasa. 20011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, 3 Oktober 2021

Sumalyo, Y. (2005). Arsitektur Modern: Akhir Abad Xix dan Abad Xx (2nd ed.). Gadjah mada university press.

Suptandar, Pamudji. (1995). Manusia dan Ruang dalam Proyeksi Desain Interior. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara.

Wijaya, R. (2021). Perancangan Interior ART:1 New Museum Jakarta. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Tarumanagara