Penerapan Konsep Interior New Normal pada Lobby Hotel Ciputra Jakarta

Main Article Content

Jennifer Grace
Ika Yuni Purnama
Fivanda

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda negara-negara di dunia termasuk Indonesia sangat mempengaruhi aspek interior bagi keberlangsungan kegiatan  pada fasilitas publik. Fasilitas Publik sudah mulai menerapkan  standar protokol kesehatan berdasarkan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian  Covid-19. Hotel merupakan salah satu fasilitas publik yang harus memperhatikan protokol Kesehatan dalam tata ruang terutama pada area lobby hotel Ciputra Jakarta. Dalam merancang lobby pada interior hotel, selain diperlukan konsep interior yang dapat mencitrakan karakter hotel tersebut, juga harus menerapkan konsep ‘new normal’ sehingga menghasilkan perancangan yang sesuai dengan kebutuhan fasilitas dan pengguna ruang. Selain itu, material yang digunakan umumnya memiliki sifat yang mudah dibersihkan. Dengan menggunakan metode analisis dekskriptif pada proyek perancangan interior yang akan difokuskan pada penerapan konsep interior lobby Hotel Ciputra Jakarta dan berdasarkan aktivitas pengguna terhadap protokol Kesehatan yang seharusnya. Dengan konsep ‘clean’ dan ‘touchless’ pada furnitur dan interior bertujuan untuk menciptakan kenyamanan pengguna dan aktivitas pada lobby hotel Ciputra Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Jennifer Grace, Universitas Tarumanagara

Interir Design Department

Fivanda, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

References

Braun, R. (2011). The lobby as a living room: What interior design innovations and products do luxury hotels implement to attract guests to their lobby? (Tesis dipublikasikan). Model Vienna University. https://www.modul.ac.at/uploads/files/Theses/Bachelor/Thesis-2011-Braun-Roxane_The Lobby_as_a_Living_Room.pdf

Christina & Sari, S. M. (2014). Perancangan interior lobby, art & craft café di hotel allson city Makassar. Jurnal Intra 2(2), 494-498. https://media.neliti.com/media/public ations/91075-ID-none.pdf

Hurdawaty & Parantika. (2018). Manajemen Penyelengaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Kemenparekraf. (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan Hotel.

https://chse.kemenparekraf.go.id/id/pedoman

Maslow, A. H. (1954). Motivation and personality. New York: Harper and Bros.

Nur, I., & Rakhman, M. (2019). Analisis PDRB sektor ekonomi unggulan provinsi dki jakarta. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(4), 351-370. https://doi.org/10.33105/itrev.v4i4.132

Putri, A. S. (27, December 2019). Pengertian Hotel dan Karakteristiknya. kompas.com. https://www./skola/read/2019/12/27/150000569/pengertian-hotel-dan-karakteristiknya?page=all.

Susilo, A. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1) http://jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id/index.php/jpdi/article/view/415

Wijono, Sutarto (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.