Penerapan Gaya Oriental Batavia in Contemporary Pada Lobi Hotel Él Royale Kelapa Gading, Jakarta Utara

Main Article Content

Elshaddai Graciella
Muhammad Nashir Setiawan
Andrey Caesar Effendy

Abstract

Aglomerasi kawasan pemukiman menjadi proses transformasi kota metropolitan, salah satunya Kota Jakarta. Sekitar 300-400 orang Tionghoa yang tinggal di Batavia ialah dengan tujuan awal untuk berdagang, maka itu terjadi proses akulturasi budaya pada etnis Tionghoa dalam Betawi. Proses perkembangan kota menjadikan peluang bisnis industri hotel dalam perancangan area lobi sebagai daya tarik pengunjung, tetap mengedepankan fungsi serta kenyamanan pengguna. Penelitian yang dituju ialah penerapan gaya Oriental Batavia in Contemporary pada Lobi èL Royale Hotel Jakarta apakah sudah sesuai dengan akulturasi budaya etnis Tionghoa-Betawi pada wilayah sekitar bangunan. Sasaran yang perlu dicapai adalah penerapan gaya akulturasi yang tepat sesuai visi èL Royale Hotel.Penulisan jurnal ini memakai metode deskriptif-kualitatif perwujudan gaya Oriental-Batavia pada pendekatan bangunan bergaya Kontemporer sesuai dengan fungsi ruang, elemen interior pada Lobby mengenai Gaya Oriental-Batavia yang telah dijadikan konsep perancangan. Dapat disimpulkan Lobi èL Royal Hotel Jakarta sudah menerapkan gaya Oriental Batavia in Contemporary yang sesuai dengan karakteristik bangunan, pola layout, elemen pembentuk ruang (lantai, dinding, plafon), furnitur, serta elemen estetis yang didominasi oleh bentuk yang mendukung suasana ruang area Lobi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Elshaddai Graciella, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Muhammad Nashir Setiawan, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Andrey Caesar Effendy, Universitas Matana

Architecture Department

References

Ching, Francis D.K; Corky Binggeli. 2011. Desain Interior Dengan Ilustrasi Edisi Kedua. Jakarta. Indeks.

Ching, Francis D.K. 2000. Arsitektur, Bentuk, Ruang dan Susunannya. Ed ke-2. Terj. Nurrahman Tresani Harwadi. Jakarta: Erlangga.

Lawson, Fred R. 2010. Hotels, Motels And Condominiums: Design, Planning And Maintenance. University of Minnesota. Architectural Press. Widyartamti, Johanna Erly. 2010. Colour Harmonies. Jakarta : PT. Gramedia Printing.

Timur, Pangeran. 2015. Perancangan Interior Lobby, Restaurant Dan Meeting Room Hotel Lotus Garden Kediri. Yogyakarta: Program Studi Desain Interior Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Alamsyah, Suwardi. 2009. Arsitektur Tradisional Rumah Betawi. Jurnal Patanjala, 1 (1), 19-20.

Indah, Siti Lestari. 2016. Analisis Tata Letak Pada Ruang Komersial Studi Kasus Lobby Hotel. Jurnal Proporsi, 1 (2), 118.

Kania, Tjandra. 2006. Arsitektur Rumah Tradisional Betawi “Keturunan”. Jurnal Ilmiah. 3 (1), 22-24.

Rohmawati, Nurul. 2018. Cokek Sebagai Pengaruh Penetration Pasipique Etnis Tionghoa Di Betawi. Jurnal Budaya Etnika, 2 (1), 29.

Salim, Polniwati. 2015. Memaknai Arsitektur Dan Ragam Hias Pada Rumah Khas Betawi Di Jakarta Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa. Humaniora, 6 (3), 399.

https://www.chinadesigncentre.com/works/interview-with-jerry-chen-from-antique-connoisseurship-to-contemporary-chinese-furniture-design.html