Aplikasi Bentuk Geometris pada Elemen Interior Museum Serangga dan Taman Kupu

Main Article Content

Wilson
Adi Ismanto
Aing R. Nayadilaga

Abstract

Saat ini, sebagian besar museum di Indonesia masih sedikit peminat, terutama terhadap museum yang sudah dibangun cukup tua. Kurangnya peminat museum karena kesan museum yang kurang memberikan keunikan sendiri serta hanya sebagai saran edukasi yang kurang atraktif dan interaktif. Museum sebagai tempat edukasi, harus mampu memberikan suasana atraktif dan interaktif. Perancangan interior Museum Serangga dan Taman Kupu bertemakan “Geometric in Nature” yang menerapkan bentuk geometris terhadap elemen pembentuk ruang. Bentuk geometris diaplikasikan pada setiap ruang museum, terutama pada ruang khusus Museum Serangga dan Taman Kupu. Pengaplikasian bentuk geometris dapat menekankan citra corporate identity museum, sehingga memberikan kesan unik terhadap museum. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menunjukkan aplikasi bentuk geometris terhadap elemen pembentuk ruang. Metode yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan studi literatur dan observasi. hasil dari studi literatur dituangkan dalam bentuk desain interior yang menerapkan pola geometris pada elemen pembentuk ruang museum. Pengaplikasian bentuk geometris menjadi pedoman desain agar semakin menguatkan karakter dari citra Museum Serangga dan Taman Kupu.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wilson, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Adi Ismanto, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Aing R. Nayadilaga, Universitas Trisakti

Interior Design Department

References

Chiara, J. D., & Callender, J. H. (2001). Time-Saver Standards for Building Types. Singapore: McGraw-Hill Book Co-Singapore.

Ching, F. D., & Binggeli, C. (2012). Interior Design Illustrated. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kalonica, K., Kusumarini, Y., & Rakhmawati, A. (2019). Identifikasi Penerapan Biophilic Design pada Interior Fasilitas. Dimensi Interior, 1-9.

Kilmer, R., & Kilmer, W. O. (2014). Designing Interiors. Hoboken, New Jewsey: John Wiley & Sons, Inc.

Kompas.com. (2014, 11 23). Museum di Indonesia Masih Minim Peminat. Diambil kembali dari Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2014/11/23/1102002/Museum.di.Indonesia