Penerapan Warna pada Interior Honeymoon Suite untuk Dampak Psikologis Pengguna Ruang

Main Article Content

Cinta Fransysca
Hafidh Indrawan
Mariana

Abstract

Perkembangan jasa inap seperti hotel di berbagai daerah semakin maju dan berkembang, hal ini juga membuktikan bahwa sektor pariwisata di Indonesia semakin berkembang pesat. Dalam menyediakan jasa inap tidaklah sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya dengan penggunaan warna pada setiap ruang yang akan digunakan oleh para penginap. Tujuan dalam melakukan analisa ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan warna dapat memberikan dampak psikologis bagi manusia dan juga penulis dapat mengetahui warna yang sesuai dengan ruangan yang disediakan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dimana menggunakan berbagai sumber data yang berasal dari halaman website dan jurnal online dengan mengumpulkan dan menganalisa data yang telah didapat. Warna-warna yang digunakan juga memberikan dampak psikologis bagi para pengguna, seperti menambah kreatifitas dengan warna kuning ataupun penggunaan warna hijau yang membuat mata menjadi sejuk dan segar, dan sebagainya. Sehingga warna-warna yang dihasilkan memberikan reaksi dari otak manusia dalam bertindak ataupun berpikir.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Cinta Fransysca, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Hafidh Indrawan, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Mariana, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

References

Kilmer, Rosemary. Kilmer, Otie W. 2014. Designing Interiors. Wiley. New Jersey

Marysa, I. Anggraita, A. Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X. JURNAL DESAIN INTERIOR, Vol. 1, No. 1, April 2016.

Putri, A. J. (2020, Oktober 11). 5 Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Makan, Bisa Pengaruhi Mood! Retrieved from idntimes.com: https://www.idntimes.com/life/family/ayuningtyas-juliana-putri-1/warna-cat-dinding-terbaik-untuk-ruang-makan

Woldard. 2020. Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati. https://interiordesign.id/psikologi-warna/