Penerapan Display Interaktif pada Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta

Main Article Content

Erina
Stepanus Dwiyanto
Sri Sulistyo Purnomo

Abstract

Perkembangan Teknologi terus menjadi bagian dari kemajuan peradaban di dunia. Sementara itu museum sebagai pusat informasi dan edukasi yang memiliki koleksi terutama dari masa lalu, semakin lama mengalami penurunan jumlah peminat. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah sistem penataan yang kurang baik dan menarik. Di Indonesia sudah ada Museum Seni Rupa dan Keramik yang terletak di kawasan bersejarah kota tua, Jakarta. Namun sebagaimana museum lainnya, Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta juga mengalami penurunan jumlah pengunjung. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan minat pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik melalui perancangan interior. Metode yang diterapkan adalah metode penelitian kualitatif, dikaitkan dengan teori perancangan interior dari Kilmer. Dari penelitian ini diketahui bahwa untuk meningkatkan minat pengunjung, museum dapat menerapkan teknologi untuk menghasilkan penataan dan display koleksi yang lebih interaktif. Dengan diadakannya display interaktif yang melibatkan pengunjung, diharapkan eksistensi Museum Seni Rupa dan Keramik dapat terangkat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Erina, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Stepanus Dwiyanto, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

Sri Sulistyo Purnomo, Universitas Tarumanagara

Interior Design Department

References

Bahar, Yudi Nugraha. (2014). Aplikasi teknologi Virtual Realty bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur, Depok . Jurnal Desain Konstruksi , 13 (34) , 617

Bhowmik , Achintya K .(2015) . Interactive Displays Natural Human-Interface Technologies , Sussex : Wiley

Kilmer, Rosmary. Kilmer, Otie W. 2014. Designing Interiors. Wiley. New Jersey

https://inilah.com/news/2204164/museum-seni-rupa-dan-keramik-sepi-pengunjung

https://www.antaranews.com/berita/804326/meniti-sepi-di-museum-seni-rupa-dan-keramik

https://www.museumsassociation.org/about/faqs/#:~:text=The%20Museums%20Association%20agreed%20a,hold%20in%20trust%20for%20society.

Jerald , Jason.(2016). The VR Book Human Centered Design for Virtual Reality , Illinois : ACM Books