Penggunaan Fitur Augmented Reality (AR) dalam Perancangan Interior Tematik pada Jakarta Aquarium

Main Article Content

Kris Renaldo
Muhammad Nashir Setiawan
Andrey Caesar Effendy

Abstract

Adanya peningkatan jumlah pengunjung setiap tahun pada tempat wisata, khususnya wisata buatan, membuat daya tarik pengunjung sebagai salah satu prioritas guna meningkatkan pemasaran wisata buatan. Daya tarik pengunjung dapat ditingkatkan melalui kreasi guna membentuk visitor experience yang memuaskan. Kreasi tersebut dapat diwujudkan melalui perancangan interior dengan diterapkannya interior tematik untuk mengoptimalkan pengalaman pengunjung selama berada di wisata buatan. Salah satu kreasi tersebut diimplementasikan dengan perancangan interior tematik pada Jakarta Aquarium guna meningkatkan visitor experience pada pengunjung. Kreasi juga dapat diimplementasikan dengan menggunakan augmented reality (AR) guna meningkatkan pengalaman pengunjung melalui teknologi tersebut. Melihat kurangnya perpaduan antara tema dan konsep di dalam desain Jakarta Aquarium pada saat ini, maka penulis memberikan alternatif rancangan konsep desain dengan satu alur kesatuan tema dan konsep. Tujuan dari perancangan ulang ini adalah agar pengunjung dapat merasakan seolah berada didalam alur jalan cerita yang nantinya akan di tuangkan ke dalam desain interior Jakarta Aquarium. Selain itu, perancangan ini juga ditujukan untuk meningkatkan efektivitas fungsi utama pada Jakarta Aquarium sendiri yaitu sebagai tempat konservasi, edukasi, dan rekreasi yang menarik. Maka dari itu, tema dalam perancangan ini adalah “Adventure of The Pearl of The Sea”. Hal ini mendorong pemilihan konsep bertualang, yang juga terus bergerak, menjelajah dari satu tempat ke tempat lain. Memberikan kesan pengunjung sedang bertualang di dalam Jakarta Aquarium untuk berekreasi dan belajar (edutainment).

Article Details

Section
Articles

References

Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1–11. doi:10.1016/j.edurev.2016.11.002

Kilmer, R., & Kilmer, W. O. (2014). Designing interiors. John Wiley & Sons.

Mudrikah, A. (2014). Kontribusi sektor pariwisata terhadap GDP Indonesia tahun 2004-2009. Economics Development Analysis Journal, 3(2).

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183.

Packer, J., & Ballantyne, R. (2016). Conceptualizing the Visitor Experience: A Review of Literature and Development of a Multifaceted Model. Visitor Studies, 19(2), 128–143. doi:10.1080/10645578.2016.1144023