Inovasi Perancangan Interior SMA Kharisma Bangsa Sebagai Respon Terhadap Tantangan Pendidikan 4.0

Main Article Content

Nur Shabrina Zulfa
Noeratri Andanwerti
Ferdinand Ferdinand

Abstract

Pada saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Hal tersebut tentulah memberikan dampak terhadap berbagai sektor kehidupan, salah satunya ialah sektor pendidikan. Dalam situasi ini lembaga pendidikan harus mempersiapkan orientasi dan literatur baru dalam tantangan global, yaitu literasi data, teknologi, dan sumber daya manusia. Dengan adanya orientasi dan literatur baru dalam menerapkan sistem pendidikan tentulah menyebabkan sedikit banyaknya perubahan metode pembelajaran, kebutuhan, dll yang berpengaruh terhadap konfigurasi sistem pada ruang di sekolah, baik furniture, teknologi, maupun ruang/space yang ada. Maka dalam perancangan interior SMA Kharisma Bangsa, diperlukan sebuah inovasi perancangan sekolah yang dapat merespon tantangan global tersebut. Perancangan dilakukan secara programatis diantaranya tahap pengumpulan dan pengelompokkan data, yang diikuti dengan pengolahan data dan analisis, kemudian masuk kedalam tahap perencanaan dan perancangan yang didasarkan terhadap data-data proyek yang ada. Inovasi perancangan interior yang diterapkan di SMA Kharisma Bangsa adalah Active Learning Space yaitu pemaksimalan ruang untuk dapat berjalan secara aktif dan dinamis dari seluruh aspek di dalamnya, yang diharapkan perancangan ini dapat memaksimalkan proses pembelajaran di dalam sekolah dan menjawab tantangan global di era revolusi industri 4.0 ini.

Article Details

Section
Articles