Pengaruh Konsep Diri dan Self Disclosure Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa

Main Article Content

Karin Juliana
Rezi Erdiansyah

Abstract

This study aims to determine the effect of self concept and self disclosure on students’ interpersonal communication skills. The subjects on this research is 149 students spread across 24 campuses. Data analysis using SEM with the application of LISREL 8.70. Based on the results of the study  found  that there is a significant effect between self concept and self disclosure on students’ interpersonal communication skills. From the two independent variables it turns out that the concept of self concept has more influence than self disclosure on students’ interpersonal communication skills. Thus it can be concluded that interpersonal communication is influenced by self concept and self disclosure.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan self disclosure terhadap kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 149 responden yang tersebar di 24 kampus. Analisis data menggunakan SEM dengan aplikasi LISREL 8.70. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan self disclosure terhadap kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa. Dari kedua variabel independen ternyata variabel konsep diri memiliki pengaruh yang lebih dibandingkan self disclosure terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh konsep diri dan self disclosure.

Article Details

How to Cite
Juliana, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Self Disclosure Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Koneksi, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6500
Section
Articles

References

Andayani, T. R. (2010). Penyesuaian Sosial Siswa Akselerasi Ditinjau Dari Konsep Diri dan Membuka Diri. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16, 13-20.

Ardiyanti, A. S. (2018). Self disclosure melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote). Nyimak Journal of Communication, 2, 81=94.

Budiningsih, Y. P. (2014). Konsep Diri Akademik Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 3, 26-31.

Edi Suryadi, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lestari, Septi Sukma (2016). Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3, 1-17.

Liliweri, A. (2015). Interpersonal Communication. Jakarta: Kencana Prenamedia.

Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Massie, Gisela Winny., Susanto, Eko Harry. (2018). Penyikapan Diri Kaum Lesbian Melalui Media Baru Facebook. Koneksi, 372.

Nisfianoor. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Universitas Trisakti.

Rohim, S. (2016). Teori Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Tri, Anisya., Pamula, Ario., Effendi, Citra Kusuma., Setiawan,

Didik., Manalu, Fristamia. (2016). Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa yang Menggunakan Media Sosial LINE. Proisiding Konseling Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1, 79-84.

Yohana, Corry. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. EconoSains, 12, 1-13.

Most read articles by the same author(s)