Citra Perempuan Di Dalam Majalah Popular (Analisis Wacana Terhadap Artikel Di Majalah Popular Edisi Mei 2019)

Main Article Content

Rosalin Febriyanti
Ahmad Junaidi
Nigar Pandrianto

Abstract

This study is entitled "Women's Image in Magazine Photos (Semiotic Analysis of Photos in Popular Magazine May 2019 Edition)". The object of this research is a photo in the May 2019 issue of Popular magazine. This study uses Rholand Barthes's semiotic analysis framework. The purpose of this research is to find out how the depiction of the objectification of women in the photo model of the May 2019 Popular Magazine and expose the myths contained in the photos. There is objectification in the sexual form which makes a woman's body an object to be observed, valued, and enjoyed by her sexual values. The myth that can be unearthed from the meaning of the sign in the photographs is the beauty myth that defines women's beauty in uniform criteria.

 

Penelitian ini mengangkat tentang citra wanita dalam foto di majalah. Objek penelitian ini adalah foto di Majalah Popular Edisi Mei 2019. Kerangka analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Semiotika Roland Barthes yang memiliki tujuan pencitraan perempuan dalam foto, serta menggali kebenaran tentang adanya pemaknaan tanda dalam foto-foto keanggunan wanita sesuai dengan porsi yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggambaran objektifikasi perempuan dalam model foto di Majalah Popular dan memaparkan mitos-mitos yang terkandung dalam foto. Terdapat objektifikasi dalam bentuk seksual yang membuat tubuh wanita menjadi objek untuk diamati, dihargai, dan dinikmati oleh nilai-nilai seksualnya. Mitos yang dapat digali dari makna tanda dalam foto adalah mitos kecantikan yang mendefinisikan kecantikan wanita dalam kriteria seragam.

Article Details

How to Cite
Febriyanti, R., Junaidi, A., & Pandrianto, N. (2020). Citra Perempuan Di Dalam Majalah Popular (Analisis Wacana Terhadap Artikel Di Majalah Popular Edisi Mei 2019). Koneksi, 4(1), 168–171. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6368
Section
Articles

References

Burgin, Burhan, (2005). Edisi Revisi, Pornomedia, Sosiologi Media, Konstruksi Eriyanto, Analisis Framing: Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media, Lkis, Yogyakarta: 2002

Junaidi, Ahmad (2012). Porno! Feminisme, Seksualitas & Pornografi Di Media, Jakarta: Kompas Gramedia

Moleong, J. Lexy (2006), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Ritzar, J. Godman, (2012), Edisi Terbaru: Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi Wacana

Sobur, Alex (2004). Analisis Teks Media, Bandung: Remaja Rosda Karya

Sobur, Alex (2004). Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya

Sosial Teknologi Telematika & Perayaan Seks Di Media Massa, Jakarta: Prenda Media

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarto, Hermawan, (2011), Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi, Jakarta: ASPIKOM

Suryandaru, Sakti Yayan. (2002). Potret Kesadaran Gender Orang Media

Syarifah, (2006), Kebertubuhan Perempuan dalam Pornografi. Jakarta: Yayasan Kota

Tong, Rosemary Putnam, Feminist Tought : A More Comperhensive In troduction. West View Press. Colorado :1998

https://www.popular-world.com/

https://kbbi.web.id/

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>