Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends)

Main Article Content

Caroline Vinci Wijaya
Sinta Paramita

Abstract

Penelitian ini mengangkat mengenai komunikasi virtual dalam game online. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi virtual yang ada di dalam game Mobile Legends. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian menggunakan metode wawancara dengan lima informan pemain game Mobile Legends. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah konsep dasar komunikasi virtual menurut Werner J. Severin dan James W. Tankard yakni dunia maya, komunitas maya, chat rooms, MUD&Bot, interaktivitas, hypertext dan multimedia. Hasilnya, terjadi komunikasi virtual dalam game Mobile Legends yaitu dunia maya, komunitas maya, chat rooms, MUD&Bot, interaktivitas, dan multimedia karena adanya interaksi dan komunikasi yang dilakukan di dalam game Mobile Legends secara online dan menggunakan jaringan internet. Komunikasi virtual sangat mempengaruhi efektivitas dalam berkomunikasi dan dengan adanya sarana yang disediakan oleh Mobile Legends pemain dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka langsung.

Article Details

How to Cite
Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1), 261–267. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222
Section
Articles

References

Effendy, Onong Uchjana. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit: Grasindo

Halim, J., & Widayatmoko, W. (2015). Representasi Kampanye Politik Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger. Jurnal Komunikasi, 7(1), 98-107

Leanora, Theresiana, & Yugih Setyanto. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab and Shop Untuk Menarik Konsumen. Jurnal Prologia, 2(2), 392-399

Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Severin, Werner J. dan James W. Tankard. (2009). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terpaan di Dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta: Kencana.

Valentina, Elvi, & Wulan Purnama Sari. (2018). Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Jurnal Koneksi, 2(2), 300-306.

Walther, J. B. (1996). Computer-mediated Communication: Impersonal, Interpersonal

and Hyperpersonal Interaction. Communication Research, 23(1),3-43.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>