Pola Aliran Informasi antara Pekerja Lepas dengan Pimpinan di PT. Idea Creative Convex (Analisis Kasus Kirab Obor Asian Games 2018)

Yulius Saputra, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 26 | views: 21

Abstract

Penelitian yang penulis teliti mengenai pola aliran informasi. Pola aliran informasi memiliki lima pola dasar. Pola aliran inforamasinya adalah pola rantai, roda, y, lingkaran, semua saluran. Subjek yang diteliti oleh penulis adalah tenaga kerja lepas dengan pimpinan pada PT. Idea Creative Convex yang menjalankan acara kirab obor Asian Games 2018. Penggunaan pekerja lepas yang banyak dan hasil kerja yang baik merupakan hal yang menjadi fokus pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumen. Narasumber yang dipilih mewakilan 2 pihak antara project manager dan project officer selaku pimpinan pada perusahaan tersebut dengan kepala divisi torch technical,logistik selaku pekerja lepas pada perusahaan ini. Kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti adalah penggunaan pola aliran informasi pada perusahaan ini menggunakan 2 pola gabungan antara pola aliran informasi rantai dengan pola aliran informasi roda. Gambaran pola dari pola gabungan tersebut mirip dengan batang akar pohon. Perubahan pola aliran informasi tersebut dikondisikan dengan gangguan atau halangan pada saat pelaksanaan acara kirab obor berlangsung.

Keywords

Kirab obor; Pola Aliran Informasi; Asian Games

Full Text:

PDF

References

A. Muri Yusuf. 2014. Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Bateman dan Thomas. 2009. Manajemen : Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif. Jakarta:Salemba Empat.

Dewi, Aditya Kurnia. 2016. Hubungan Komunikasi Organisasi dan Komitmen Organisasi dengan Manajemen Konflik pada Guru di Sekolah Islam Bunga Bangsa Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Vol..4 No.2

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Hardjana, Andre. 2018. Komunikasi Organisasi: Strategi Interaksi dan Kepimimpinan.. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Manopo, Jirre Victori. 2014. Peran Komunikasi Organisasi dalam Membentuk Efektivitas Kerja Karyawan CV.Magnum Sign and Print Advertising Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman.Vol.2 No.3

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogykarta : Pustaka Baru Press.

Pace, R. Wayne dan Faules, Don F. 2015. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, terjemahan Deddy Mulyana. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pangestu, Michelle. 2015. Jaringan Komunikasi di The Piano Institute Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Vol.3 No.2.

Panuju, R.,& Narena, I.(2019). Komunikasi Organisasi Bidang Reservasi Hotel. Jurnal Komunikasi, 10(1). Terarsip di https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2297

Ruliana, Poppy. 2018. Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Suwatno, H. 2018. Komunikasi Organisasi Kontemporer. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.