Upaya Persuasi Calon Legislatif Etnis Tionghoa dalam Meraih Perhatian Generasi Milenial Etnis Tionghoa

Nadya Natasia Ria, Sinta Paramita
| Abstract views: 42 | views: 35

Abstract

Etnis adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi keputusan generasi milenial. Opini generasi milenial dapat terbentuk dari komunikasi persuasi yang dilakukan calon legislatif. Upaya persuasi calon legislatif etnis Tionghoa dalam meraih perhatian generasi milenial etnis Tionghoa ada tiga, yaitu propaganda, retorika dan iklan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya persuasi calon legislatif etnis Tionghoa dalam meraih perhatian generasi milenial etnis Tionghoa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasi, komunikasi politik, persepsi komunikasi dan etnis Tionghoa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan penelitian secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya persuasi yang sangat berpengaruh bagi generasi milenial adalah propaganda. Etnis bukanlah hal utama yang mampu menjadi keputusan memilih bagi generasi milenial.

Keywords

Komunikasi Persuasi; Calon Legislasi etnis tianghoa, Generasi Milenials etnis Tionghoa

Full Text:

PDF

References

Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Baran, J. Stanley dan Davis, K. Dennis, 2010. Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, Dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika

Budiman, J & Tamburian, D. 2018. Komunikasi Politik Megawati Dalam Membangun Brand Image Partai. Ejournal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Vol 2 No. 2

Nimmo, D. (2011). Political Communication and Public Opinion in America (7th ed.). Bandung: Goodyear Publishing Co.

Gunawan, Imam. 2014 Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Kartikantri. D. A, Priyatna. C. C. Dan Hafiar. H. 2015. Perbedaan Sikap Pemilih Pemula Antara Peserta Dan Bukan Peserta “Roadshow Pendidikan Pemilu”. Ejournal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Mukarom. Z. (2016). Komunikasi Politik. Jakarta. CV Pustaka Setia.

Vivian. C & Candraningrum. D. A. 2018. E-Wom Kalangan Milenial Terhadap Akun @makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Ejournal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Vol 2 No.2

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.