Strategi Penyajian Berita Brilio.net (Studi Kasus: Media Online Menjangkau Generasi Milenial)

Main Article Content

Alvianne Suseno
Farid Rusdi

Abstract

Penelitian ini mengangkat strategi menyajikan berita yang dilakukan oleh media online yaitu Brilio.net guna menjangkau generasi milenial sebagai audiens sasaran. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metodologi kualitatif dan konsep teori oleh Mike Ward mengenai penyajian berita dan teori Lyons mengenai generasi milenial dalam membaca berita online. Hasil penelitian dan simpulan dari penelitian ini adalah Brilio.net melakukan penulisan dan penyajian berita berdasarkan karakteristik generasi milenial semaksimal mungkin dan membuat generasi milenial betah membaca berita Brilio.net melalui gadget-nya. Hal ini dikarenakan penyajian berita dengan format listikal dan banyaknya multimedia atau foto dan video sebagai bentuk lain dalam menyajikan berita. Brilio.net juga melakukan strategi dengan melakukan perundingan mengenai berita apa yang akan disajikan kepada generasi milenial setiap hari, serta melakukan strategi menjadikan jurnalis muda sebagai jurnalis dari Brilio.net untuk menjangkau generasi milenial itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Suseno, A., & Rusdi, F. (2019). Strategi Penyajian Berita Brilio.net (Studi Kasus: Media Online Menjangkau Generasi Milenial). Koneksi, 3(1), 182–189. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6202
Section
Articles

References

Asep Syamsul M. Romli. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Diahnisa, Tiffany. (2017). Strategi Brilio.net Raih Kenaikan Jumlah Pembaca Hingga 139%. https://swa.co.id/swa/trends/strategi-brilio-net-raih-kenaikan- jumlah-pembaca hingga-139

Moleong, L.J. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pawit, M. Yusup. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan . Ed. 1. Jakarta: Bumi Aksara

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Sembiring, Lidya Julita. (2018). Bappenas: Jumlah Milenial di Indonesia Capai 90 Juta Orang. https://www.inews.id/finance/read/ 6521/bappenas-jumlah- milenial-di-indonesia-capai-90-juta-orang

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi & Kasus). Yogyakarta: Andi

Ward, Mike. (2002). Journalism Online. Great Britain: Focal Press

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>