Representasi Feminisme dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Melia Yustiana, Ahmad Junaedi
| Abstract views: 52 | views: 46

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan nilai feminisme yang ada pada tokoh Marlina dalam film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak karya sutradara Mouly Surya. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik semiotika Roland Barthes. Menggunakan model signifikasi dua tahap yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Film Marlina sendiri bercerita tentang sosok permepuan yang ditinggal mati oleh suaminya dan menjadi korban pemerkosaan. Berbeda dari sosok perempuan di film pada umumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai feminisme yang diperlihatkan oleh tokoh utama Marlina pada film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak di mana Marlina adalah seorang perempuan yang kuat, tangguh, pemberani, dan dapat mengambil keputusannya sendiri untuk mencari keadilan. Film ini termasuk ke dalam kategori feminisme liberal karena Marlina yang diceritakan sebagai sosok perempuan yang mencari keadilan yang dimulai dari dirinya sendiri. Meskipun hanya sebatas film ber-genre drama dan thriller film ini memberi penjelasan tentang feminisme di masyarakat.

Keywords

Feminisme; Semiotika; Roland Barthes

Full Text:

PDF

References

Danesi, Marcel. (2010). Pesan, Tanda dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Fiske, John. (2004). Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantar Paling Komperhensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2007). Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Riant. (2008). Gender dan Strategi Pengarus Utamanya di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ritzer, George. Douglas J. Goodman. (2012). Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Text Media, Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika dan Analisi Framing. Bandung : Remaja Rosadkarya.

Tong, R. P. 2010. Feminist Thought. Yogyakarta : Jalasutra.

Wibowo, Fred. (2006). Teknik Program Televisi. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.