Studi Komunikasi Budaya : Makna Shio pada Etnis Tionghoa dalam Memilih Pasangan Hidup

Main Article Content

Chintia Oktavia
Suzy Azeharie

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang komunikasi budaya, makna shio pada etnis Tionghoa dalam memilih pasangan hidup. Shio merupakan dua belas simbol binatang Tionghoa yang dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kepribadian, kesehatan, karier, pergaulan seseorang dan asmara. Penelitian ini penting untuk mengetahui proses komunikasi memilih pasangan hidup melalui shio. Teori yang digunakan adalah mengenai komunikasi, budaya, komunikasi budaya dan shio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode fenomenologi. Penelitian akan menggunakan wawancara mendalam terhadap lima informan etnis Tionghoa. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara mendalam, observasi non-pastisipan dan studi pustaka. Penelitian ini menemukan bahwa bagi etnis Tionghoa, shio diperlukan dalam memilih pasangan hidup karena dipercaya agar proses komunikasi dalam rumah tangga cocok dan mencegah adanya perbedaan karakter.

Article Details

How to Cite
Oktavia, C., & Azeharie, S. (2019). Studi Komunikasi Budaya : Makna Shio pada Etnis Tionghoa dalam Memilih Pasangan Hidup. Koneksi, 3(1), 112–117. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6153
Section
Articles

References

Christian, Akelba, Symphony (2017). Identitas Budaya Orang Tionghoa Indonesia. Vol 1 No 1. Hlm 1

Harbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi. Jurnal Komunikasi Vol 9 No 1. Hlm 166

Moleong, Lexy J (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moss, Sylvia & Stewart, L, Tubbs. (2005). Human Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Olliviani, Gabrielle. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Kedua Belas Shio dan Karakternya. Jurnal Desain Komunikasi, 1.

Santosa, Budi, Tjahyadi. (2018). Shio dan Feng Shui. Bandung: Laksana.

Sutanto, Mellisa Bilbert & Ong Mia Farao Karsono. (2013). Pandangan Etnis Tionghoa Surabaya Terhadap Perempuan Etnis Tionghoa Shio Macan Suwartono (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Usman, Rani. (2009). Etnis Cina Perantauan di Aceh. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Weruin, Urbanus Ura. (2016). Manusia, Kebudayaan dan Masyarakat. Tangerang: Pustaka Mandiri.