Komunikasi Antar Persona Ibu dan Anak Bertato

Ivan Surya, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 57 | views: 144

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antar persona atau komunikasi interpersonal yang terjadi antara ibu dan anak bertato. Apakah terdapat perubahan dalam komunikasi antar persona antara seorang ibu dengan anaknya, sesudah dan sebelum mempunyai tato. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data yang didapat adalah melalui tiga cara yaitu dokumentasi, observasi, serta wawancara mendalam. Peneliti menyimpulkan bahwa komunikasi antar persona yang terjadi pada setiap narasumber berbeda-beda. Seorang ibu akan menerima anaknya kembali seperti semula walaupun anaknya sudah berbuat hal yang negatif atau buruk. Alasan terkuat seorang ibu melarang anaknya untuk mempunyai tato adalah supaya tidak terkena penyakit atau merusak bagian kulit dan tubuhnya. Hal ini karena ibu lebih mementingkan kesehatan anaknya.

Keywords

Hubungan; Tato; Komunikasi Antar Persona

Full Text:

PDF

References

Azeharie, Susy., & Setiawan, Chaterine. (2017). Studi Komunikasi Antarpribadi Anak Dengan Orang Tua Tiri. Universitas Tarumanagara.

Chodriyah, Lailatul. (2017). Komunitas Gang Tatto Dan Stigma Masyarakat diakses pada hari Sabtu, 23 Februari pada pukul 19.00 WIB. Terarsip di : https://geotimes.co.id/opini/komunitas-gang-tatto-dan-stigma-masyarakat/

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori, dan Praktek Edisi ke-5. Jakarta: EGC. Friendly. (2002). Komunikasi dalam Keluarga. Family Altar: Jakarta.

Hadiwijono, Harun. Imam Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995.

Pragota, Ardhana. (2017). Tato dan Mengapa Dia Dicap Buruk diakses pada hari Minggu, 14 Juli pada pukul 19.46 WIB. Terarsip di : https://kumparan.com/@kumparanstyle/tato-dan-mengapa-dia-dicap-buruk Sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT. Bina Pustaka.

Sibuea, Bidari Medi. (2014). Penggunaan Tato Pada Masyarakat (Studi Terhadap Tato Sebagai Komunikasi Non Verbal). Universitas Indonesia.

Suyatna, Bagong. (2005). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternative Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.