Konstruksi Realitas Kehidupan dalam Video Klip Lagu Tong Hua

Main Article Content

Tivanny Claranita
Riris Loisa

Abstract

Video klip lagu merupakan salah satu bentuk media Audio Visual Aids (AVA) yang terdiri dari gambar dan lirik. Pada umumnya, lagu berisi pesan-pesan yang berkaitan dengan realitas. Melalui lagu Mandarin “Tong Hua” (Dongeng), sebuah realitas dikonstruksi. Dongeng dapat dipahami sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi dan tidak masuk akal. Jika mendengar kata “dongeng” tak jarang manusia akan membayangkan kehidupan yang bahagia di dalam sebuah kerajaan. Lantas, dalam realitas kehidupan sering terjadi hal-hal yang tidak membahagiakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait makna realitas kehidupan manusia dan bagaimana mengkonstruksinya. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan, seperti konstruksi realitas kehidupan, dan semiotika. Dengan menggunakan acuan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode semiotika Roland Barthes untuk mengkaji makna denotasi, konotasi, dan mitos. Melalui penelitian ini, melahirkan nilai objektivitas dan subjektivitas, serta ditemukan makna yang berkaitan dengan realitas dan dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan bukan merupakan sebuah realitas, melainkan subjektivitas dan untuk membangun kebahagiaan menjadi realitas membutuhkan proses internalisasi yang sangat panjang. Proses tersebut mencakup tindakan-tindakan non verbal serta mitos dan budaya nilai tradisional untuk membuktikan bahwa manusia dapat hidup bahagia jika percaya dan bekerja keras.

Article Details

How to Cite
Claranita, T., & Loisa, R. (2019). Konstruksi Realitas Kehidupan dalam Video Klip Lagu Tong Hua. Koneksi, 2(2), 612–620. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3944
Section
Articles
Author Biographies

Tivanny Claranita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckman. Jakarta: Kencana.

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 3 buku ke-1 Penerjemah Hapsari Dwiningtyas). Jakarta: Rajawali Pers.

Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Lam, N. M., & Graham, J. L. (2007). China Now. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Lin, L. S. (2009). Tu Po She Jiao Kun Jing. China: Shan Dong Dian Zi Yin Xiang Chu Ban She.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moller, D. (2011, Maret 24). Redifining Music Video. Retrieved September 7, 2018, from Major Written Assessment: http://danmoller.com.au/wp-content/uploads/2011/03/Dan_Moller_-_Redefining_Music_Video.pdf

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Rabiger, M., & Cherrier, M. H. (2013). Directing: Film Techniques and Aesthetics (Fifth edition). New York and London: Focal Press.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.

Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Sobur, A. (2009a). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sobur, A. (2009b). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

West, R., & Tunner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer). Jakarta: Salemba Humanika.

Wibowo, I. S. (2011). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>