Gambaran Maskulinitas Melalui Film (Studi Pandangan Generasi Milenial Pada Tokoh Dilan di Film “Dilan 1990”)

Main Article Content

Shafira Nusa Kusuma
Wulan Purnama Sari

Abstract

Melalui perkembangan industri film di Indonesia, film lokal saat ini sudah mulai menjadi wadah penyampaian nilai, bahkan film dapat menjadi acuan gaya hidup pada masyarakat terhadap tokoh yang terdapat dalam film tersebut. Pada 25 Januari 2018 lalu, industri film Indonesia hadir dengan menayangkan film dari novel kisah nyata karya Pidi Baiq yang berjudul “Dilan 1990”. Film tersebut mendapatkan jumlah penonton di atas 5 juta penonton dari berbagai kalangan, terutama generasi millenial. Banyak faktor yang mendorong penonton untuk menonton film tersebut, salah satunya adalah gambaran maskulinitas dari sosok Dilan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui gambaran maskulinitas tokoh Dilan pada Film “Dilan 1990? pada penonton generasi milenial, 2) untuk mengetahui sifat maskulinitas tokoh Dilan dari pandangan generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan survei sederhana deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa generasai milenial setuju bahwa tokoh Dilan adalah sosok yang maskulin, dengan dimensi Give em hell yang menunjukkan nilai tertinggi sebesar 414.

Article Details

How to Cite
Kusuma, S. N., & Sari, W. P. (2019). Gambaran Maskulinitas Melalui Film (Studi Pandangan Generasi Milenial Pada Tokoh Dilan di Film “Dilan 1990”). Koneksi, 2(2), 548–555. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3935
Section
Articles
Author Biographies

Shafira Nusa Kusuma, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Akbar, Taufan T., & Alphana ChristyFalopenia. (2017). Personal Image Generasi Millennial Korban Cyberbullying pada akun Instagram dan Ask FM di Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. 1(1): 373-374.

Ardianto, dkk. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Refika Offset.

Danial Hidayatullah. (2013). Maskulinitas, Kekerasan, dan Negara dalam Film The Raid: Redemption. E-journal UIN. 12(2): 233-234.

Demartoto, Argyo. (2010). Konsep Maskulinitas dari Jaman ke Jaman dan Citranya dalam Media. Jurnal Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS Surakarta. Hal: 1-8.

Marcella. (2005). Representasi Maskulinitas pada Iklan Memasak (Analisis Semiotika: Pada Iklan kecap sedaap versi Ayah Jago Masak). Skripsi. Universitas Tarumanagara.

McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Gransindo.

Syulhajji S. (2017). Representasi Maskulinitas dalam Film Talak 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). E-Journal Ilmu Komunikasi. 5(2): 2.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>