Komunikasi Politik Megawati Dalam Membangun Brand Image Partai

Main Article Content

Jofanny Budiman
H.H. Daniel Tamburian

Abstract

PDIP atau Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan merupakan salah satu partai politik yang berperan penting dalam kemajuan dunia politik di Indonesia. Salah satu tokoh yang berperan penting sebagai juru bicara dan penggagas PDIP adalah Megawati Soekarnoputri. Komunikasi menjadi salah satu aspek dan juga faktor penting dalam penyampaian pesan politik di dalam suatu partai politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi politik Megawati dalam membangun brand image PDIP, sebagai Ketua Umum PDIP yang juga berperan penting sebagai wajah dari partai politik ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya seperti ilmu politik, komunikasi politik, partai politik dan juga brand image. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Megawati Soekarnoputri merupakan sosok yang tegas dan demokratis dalam menyampaikan pesan politik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik yang dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri selaku pemimpin partai cukup baik dalam membangun brand image dari PDIP.

Article Details

How to Cite
Budiman, J., & Tamburian, H. D. (2019). Komunikasi Politik Megawati Dalam Membangun Brand Image Partai. Koneksi, 2(2), 401–408. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3916
Section
Articles
Author Biographies

Jofanny Budiman, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

H.H. Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Akuntono, Indra. (2015). Megawati: Kalau Tidak Mau Disebut Petugas Partai, Keluar!. 11 April 2015. https://nasional.kompas.com/read/2015/04/11/16335651/Megawati.Kalau.Tidak.Mau.Disebut.Petugas.Partai.Keluar

Budiardjo, Miriam. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Gatra, Sandro. (2018, April 25). Survei “Kompas”: Elektabilitas PDI-P, Gerindra, dan Golkar Teratas. 25 April 2018.

Halim, J., & Widayatmoko, W. (2015). Representasi Kampanye Politik Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger). Jurnal Komunikasi, 7(1), 98-107. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/10/31

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mukarom, H.Zaenal. (2016). Komunikasi Politik. Bandung: CV Pustaka Setia

Viva.com. (2018). Megawati Bingung, Meski Sering Di-bully tapi Survei PDIP Tertinggi. https://www.viva.co.id/berita/politik/1070660-megawati-bingung-meski-sering-di-bully-tapi-survei-pdip-tertinggi

https://nasional.kompas.com/read/2018/04/25/11524471/survei-kompas-elektabilitas-pdi-p-gerindra-dan-golkar-teratas