Pembingkaian Berita Politik di Media Online (Analisis Framing Pemberitaan Pidato Jokowi Pada Rapat Umum Relawan 4 Agustus 2018 di Mediaindonesia.Com, Tribunnews.Com dan Okezone.Com)

Main Article Content

Erwin Erwin
Eko Harry Susanto

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis framing tentang pemberitaan pidato yang dilakukan oleh Jokowi saat Rapat Umum Relawan 4 Agustus 2018 pada media online Mediaindonesia.com, Tribunnews.com, dan Okezone.com. Dalam pidato tersebut terdapat ucapan “kalau diajak berantem juga berani” yang akhirnya kontroversial dan menimbulkan berbagai tanggapan pro dan kontra. Dengan menggunakan analisis framing Robert N. Entman dapat terlihat bagaimana masing-masing media membingkai pemberitaan tersebut. Secara garis besar, Mediaindonesia.com membela dan membenarkan pidato tersebut serta menyudutkan pihak oposisi sebagai sumber masalah dalam kontroversi pidato itu, Tribunnews.com terlihat lebih condong membela ucapan tersebut namun tidak secara langsung dan lebih mengarah pada kepentingan bisnis, dan Okezone.com membela dan membenarkan pidato tersebut namun masih terdapat unsur bisnis di dalam pemberitaannya.

Article Details

How to Cite
Erwin, E., & Susanto, E. H. (2019). Pembingkaian Berita Politik di Media Online (Analisis Framing Pemberitaan Pidato Jokowi Pada Rapat Umum Relawan 4 Agustus 2018 di Mediaindonesia.Com, Tribunnews.Com dan Okezone.Com). Koneksi, 2(2), 315–320. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3901
Section
Articles
Author Biographies

Erwin Erwin, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Entman, Robert. (1993). Framing: Toward Clarification Of A Fractured Paradigm. Journal Of Communication. 43(4). 51-58.

Eriyanto. (2011). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta : LkiS.

Miles, B. Mathew, & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Romli M, Asep (2012). Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>