Interaksi Sosial Perempuan Calon Pilot (Studi Kasus pada Perempuan Calon Pilot di Akademi Penerbangan Aero Flyer Institute)

Main Article Content

Erlina Sebastian
Suzy S. Azeharie

Abstract

Perempuan Indonesia lebih diarahkan untuk melakukan peran domestik dibandingkan peran publik. Sehingga masih terdapat diskriminasi perempuan dalam berbagai bidang seperti pekerjaan, kesehatan, dan pendidikan. Pekerjaan sebagai pilot merupakan pekerjaan yang identik dan didominasi oleh laki-laki. Perempuan yang sedang menjalankan pendidikan sebagai calon pilot akan melakukan interaksi sosial dengan calon pilot laki-laki dan akan beradaptasi dalam interaksi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi sosial, adaptasi interaksi dan pembagian kerja secara seksual. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi non-partisipan dan data dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus bertujuan untuk melihat interaksi sosial dan adaptasi interaksi perempuan calon pilot di akademi penerbangan Aero Flyer Institute. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari proses interaksi, beberapa dari siswi akademi Aero Flyer Institute merasakan adanya diskriminasi dari cara bercanda siswa laki-laki terhadap mereka. Hal ini menyebabkan beberapa siswi merasa tersudut dan melaporkannya ke pihak akademi. Setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa Aero Flyer Institute akan segera dicari solusinya melalui forum yang diadakan oleh pihak akademi.

Article Details

How to Cite
Sebastian, E., & Azeharie, S. S. (2019). Interaksi Sosial Perempuan Calon Pilot (Studi Kasus pada Perempuan Calon Pilot di Akademi Penerbangan Aero Flyer Institute). Koneksi, 2(2), 307–314. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3900
Section
Articles
Author Biographies

Erlina Sebastian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

(2018). Our Institute. Aero Flyer Institute. di akses pada tanggal 5 Oktober 2018.

Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Februari 2018. Jakarta: BPS RI.

Bourdieu, Pierre. (2010). Dominasi Maskulin. Yogyakarta: Jalasutra.

Budiman, Arief. (1985). Pembagian Kerja Secara Seksual. Jakarta: PT Gramedia.

Budyatna, Muhammad. (2015). Teori-teori Mengenai Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moleong, Lexy L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Paramita, Sinta, & Sari, W. P. (2016). Komunikasi Lintas Budaya dalam Menjaga Kerukunan antara Umat Beragama di Kampung Jaton Minahasa. Jurnal Pekommas, 1(2), 153-166.

Rahmawati, Dina Nur, & Lukitasari, Indah. (2017). Pembangunan Manusia Berbasis Gender. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>