Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom

Main Article Content

Elsa Susanto
Rezi Erdiansyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motif dan kualitas informasi terhadap kepuasan pembaca Detikcom. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, motif penggunaan media, kualitas informasi dan kepuasan. Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi artikel online di Indonesia. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunduh detikcom dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini denggan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa secara parsial atau simultan, motif dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pembaca detikcom. Pada dimensi motif, indikator motif informasi merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden sedangkan pada dimensi kualitas informasi, indikator relevansi berita merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden. Variabel yang lebih berpengaruh terhadap kepuasan merupakan variabel kualitas informasi. Persentase kepuasan yang didapatkan responden dalam penelitian terhadap detikcom adalah sebesar 74,23%.

Article Details

How to Cite
Susanto, E., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom. Koneksi, 2(2), 293–299. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3898
Section
Articles
Author Biographies

Elsa Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

_____________. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.Ardianto, Karlinah, & Komala. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Cetakan kedua. Bandung: Simbiosa.

Assauri, Sofjan. (2012). Strategic Marketing (Cetakan satu, Edisi 1). Depok: RajaGrafindo Persada.

Azeharie, S., & Kusuma. (2014). Analisis Pengunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis di Jakarta. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Gerungan. (2009). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Husein, Umar. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

McQuail, Dennis. (1991). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Erlangga.

Nisfiannoor. (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi Dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Universitas Trisakti.

O'Brien, James. (2005). Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.

https://www.alexa.com/siteinfo/detik.com

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ entri/daring

Most read articles by the same author(s)