Kegiatan Public Relations Dalam Organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) untuk Melestarikan Budaya Minahasa

Main Article Content

Chelsea Natalia
Suherman Kusniadji

Abstract

Sebagai sebuah organisasi yang berdiri dengan latar belakang budaya, maka kegiatan di dalam organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua ini tidak terlepas dengan budaya Minahasa. Penelitian ini membahas mengenai kegiatan organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua untuk melestarikan budaya Minahasa. Penelitian ini menggunakan beberapa teori komunikasi antara lain, teori komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, event dan juga Public Relations. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penulis melakukan wawacara terstruktur dan juga observasi di dalam kegiatan Kerukunan Keluarga Kawanua. Melalui hasil pengamatan, penulis menemukan ada bentuk pelestarian budaya Minahasa yang terjadi didalam komunikasi organisasi dan komunikasi kelompok Kawanua melalui komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, event dan Public Relations. Dari penelitian ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa melalui kegiatan komunikasi dapat terjadi bentuk pelestarian budaya Minahasa.

Article Details

How to Cite
Natalia, C., & Kusniadji, S. (2019). Kegiatan Public Relations Dalam Organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) untuk Melestarikan Budaya Minahasa. Koneksi, 2(2), 253–260. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3893
Section
Articles
Author Biographies

Chelsea Natalia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suherman Kusniadji, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Any, Noor. (2009). Management Event. Bandung: Alfabeta

Basrowi. (2014). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Cangara, Hafied. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lexy, J Moleong. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mukarom, Zainal dan Mahibudin Wijaya Laksana. (2015). Manajemen Public Relations: Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung: CV Pustaka Setia

Ruslan, Rosady. (2006). Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Gravindo.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Sugiyono. (2011). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wiryanto (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Grasindo.

Wood, Julia T. (2013). Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.