Pengaruh Motif Terhadap Kepuasan Masyarakat Jakarta Barat dalam Menonton Film Dilan 1990

Main Article Content

Sarah Andinie
Farid Rusdi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh motif terhadap kepuasan masyarakat Jakarta Barat dalam menonton film Dilan 1990. Media film merupakan bagian dari komunikasi massa yang terkadang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai media informasi, hiburan, dan sebagainya. Film Dilan 1990 merupakan film yang terkenal dan terfavorit pada awal tahun 2018, dan telah mencapai 6.295.000 penonton setelah hampir satu bulan lebih penayangan. Penelitian ini, menggunakan teori komunikasi massa, uses and gratification, motif, dan film sebagai acuan terkait penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei pembagian kuesioner terhadap responden yang dianggap sesuai dengan penelitian ini, dan menggunakan metode accidental sampling. Penulis membagikan sampel kepada seratus responden. Hasil dari penelitian ini adalah motif berpengaruh sangat kuat terhadap kepuasan masyarakat dalam menonton film Dilan 1990, dan motif hiburan sebagai motif tertinggi yang berpengaruh signifikan. Pengaruh variabel motif terhadap kepuasan berpengaruh sebesar 66,3 persen.

Article Details

How to Cite
Andinie, S., & Rusdi, F. (2018). Pengaruh Motif Terhadap Kepuasan Masyarakat Jakarta Barat dalam Menonton Film Dilan 1990. Koneksi, 2(1), 169–176. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2447
Section
Articles

References

Ardiyanto. Erdinaya. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, cetakan Kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Joko Prasetyo, Iwan. (2016). Pengaruh Pemberitaan Media Massa Terhadap Kredibilitas Pemimpin Simbolik Keagamaan. Jurnal Komunikasi Vol. 8, No.2, Desember 2016, Hal 159 – 169. ISSN 2085-1979, EISSN 2528 2727.

Mulyana, Deddy. (2005). Human Communication Konteks-Konteks Komunikasi, Terjemahan Stewart L. Tubbbs dan Sylvia Moss. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Widayatmoko. (2014). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dengan budaya organisasi sebagai variabel moderat pada perusahaan asuransi PT. Bumi Putera Jakarta. Jurnal Penelitian Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>