Foto Prewedding Sebagai Bagian dari Gaya Hidup

Main Article Content

Nelly Nelly
Suzy Azeharie

Abstract

Fenomena foto prewedding merupakan bagian dari gaya hidup yang lazim ditemui sejak tahun 2000-an. Foto prewedding merupakan seni visual yaitu bagian dari budaya popular. Semakin tinggi tingkat ekonomi seseorang, semakin banyak pasangan yang memiliki gaya hidup sendiri yang cenderung penuh dengan kemewahan. Dalam melakukan foto prewedding, pasangan yang berasal dari kalangan menengah ke atas umumnya melakukan foto prewedding di luar negeri guna menunjukkan gaya hidup pasangan pengantin yang berbeda dari pasangan lain. Faktor finansial adalah salah satu faktor yang menentukan gaya hidup seseorang. Penelitian ini mengangkat foto prewedding yang merupakan bagian dari gaya hidup. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori budaya popular dan teori gaya hidup. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang akan dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan tiga narasumber dan dari hasil observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah budaya popular secara tidak langsung mempengaruhi gaya hidup seseorang termasuk melakukan foto prewedding. Foto prewedding berkembang pesat di Indonesia terutama di kota-kota besar karena dipengaruhi antara lain tingkat ekonomi yang terus meningkat dan teknologi kamera yang semakin baik.

Article Details

How to Cite
Nelly, N., & Azeharie, S. (2018). Foto Prewedding Sebagai Bagian dari Gaya Hidup. Koneksi, 2(1), 132–135. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2440
Section
Articles

References

Danesi, Marcel. (2004). Pesan, Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuswarno, Engkus. (2008). Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiadi, Nugroho J. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Tumanggor, Rusmin, Kholis, Ridho, & Nuro, Chim. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Widyosiswoyo, Supartono. (1996). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>