Pola Komunikasi Kelompok pada Tim Bola Basket Merah Putih Samator

Main Article Content

Jessica Febriani Thoeng
Wulan Purnama Sari

Abstract

Komunikasi merupakan sarana untuk membangun kerja sama dalam tim. Pada suatu tim terjadi komunikasi kelompok yang akan membentuk pola komunikasi berbeda-beda. Pola komunikasi tersebut akan membentuk aliran komunikasi sehingga penelitian ini dilakukan untuk memahami proses komunikasi kelompok yang terjadi dalam tim bola basket Merah Putih Samator dengan menggunakan konteks kedalaman suatu pesan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan empat subjek penelitian. Objek dari penelitian ini yaitu pola komunikasi antara pelatih-pemain begitu juga antar pemain dan juga media komunikasi yang membantu terjadinya komunikasi. Teori yang digunakan adalah teori pola jaringan sehingga hasil dari penelitian ini terdapat dua pola yang dibentuk oleh tim tersebut yaitu pola rantai dan semua saluran. Pola rantai terbentuk melalui komunikasi pelatih dan pemain dengan pesan tidak mendalam dan menggunakan alur two step flow communication. Sedangkan pola semua saluran terbentuk pada komunikasi antar pemain dengan pesan tidak mendalam dan menggunakan alur one step flow communication. Komunikasi yang terjadi pada tim tersebut lebih menggunakan pesan yang informatif. Pada tim tersebut terdapat bentuk kepemimpinan yaitu kepemimpinan demokratis.

Article Details

How to Cite
Thoeng, J. F., & Sari, W. P. (2018). Pola Komunikasi Kelompok pada Tim Bola Basket Merah Putih Samator. Koneksi, 2(1), 89–95. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2434
Section
Articles

References

Azeharie, Suzy. (2015). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 207-223.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Kompas. (2012, Januari 08). 10 Manfaat Olahraga Bagi Anak. Diakses pada tanggal 22 Juni 2018 pukul 1:59WIB, Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2012/08/01/16313846/10.Manfaat.Olahraga.Bagi.Anak

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bandung.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tubbs, S.L., & Moss, S. (2005). Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>