Penggunaan Kutipan Dialog Film yang Mengundang Reaksi Pengguna Instagram

Main Article Content

Falisa Dwi Octaria
Riris Loisa

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena film dalam berbagai genre merupakan salah satu sarana  hiburan  yang  memiliki  daya  tarik tersendiri. Salah satu faktor penentu kesuksesan suatu film adalah dialog. Dalam penelitian ini dibahas mengenai penggunaan kutipan dialog yang mengundang reaksi pengguna Instagram dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kutipan dialog film yang mengundang reaksi pengguna Instagram. Teori yang digunakan mencakup komunikasi massa, dialog, dan media baru. Penelitian ini membahas tentang penggunaan kutipan dialog Film Dilan 1990 di dalam Instagram dengan menggunakan metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam dan analisis terhadap komentar-komentar pada unggahan dialog. Temuan penelitian ini adalah unggahan dalam akun @dilanku bersifat romantis sehingga membuat netizen yang membaca kutipan dialog tersebut merasa bahagia. Oleh karena itu, netizen yang merasa bahagia terhadap unggahan tersebut, mulai membagikan kutipan dialog yang terdapat dalam akun @dilanku kepada teman dan kerabat mereka.  Unggahan tersebut dipilih oleh admin setelah melihat trend yang sedang berkembang di kalangan pengguna Instagram yaitu minat terhadap unggahan kutipan.

Article Details

How to Cite
Octaria, F. D., & Loisa, R. (2018). Penggunaan Kutipan Dialog Film yang Mengundang Reaksi Pengguna Instagram. Koneksi, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2431
Section
Articles

References

Ariyanti, Tria. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di PT. United Indo Surabaya. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Bambang, Mr (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Baran, Stanley J., & Davis, Dennis K. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. (Edisi lima) terjemahan Afrianto Daud dan Putri Iva Izzati, Jakarta: Salemba Humanika

Herdiansyah, Haris (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Hermawan, Drs. Agus (2012). Komunikasi Pemasaran. Malang: Erlangga.

https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00418-mc%202.pdf

Kustini, Henny (2017). Communication Skill. Yogyakarta: Deepublish.

Liliweri, Alo (2015). Komunikasi AntarPersonal. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Machfoedz, Mahmud (2016). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Inu.

Margaretha, et al. (2012). Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Cubes Consulting dalam Membangun Brand Association. Jurnal Universitas Tarumanagara.

McQuail, Denis (2010). Mass Communication Theory 5th Ed. London: Sage.

Moleong, Lexy.J (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rianto, Puji. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Universitas Islam Indonesia.

Sugiyono, Prof (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>