Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini

Main Article Content

Ayu Liza Karunia Syachrizally
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Gaya hidup yang telah berkembang dan menjadi tren di kalangan remaja perempuan saat ini antara lain adalah fashion dan healthy lifestyle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup yang saat ini menjadi tren di kalangan remaja perempuan. Untuk mengetahui tren fashion dan healthy lifestyle yang dapat membentuk body image dan citra diri pada remaja perempuan. Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori gaya hidup dengan dimensinya antara lain adalah fashion dan healthy lifestyle. Gaya hidup adalah bagaimana cara individu menghabiskan waktu mereka dengan sekitarnya. Selanjutnya, penulis juga menggunakan teori body image dan citra diri. Body image merupakan persepsi, pikiran, dan perasaan seseorang tentang tubuhnya. Selanjutnya, citra diri adalah salah satu segi dari gambaran diri yang berpengaruh pada harga diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemajuan dalam bidang fashion itu sendiri dapat dilihat dari munculnya jenis-jenis style yang baru, bahkan dapat dikatakan style tersebut adalah style fashion yang kebarat-baratan. Selain itu juga dalam bidang healthy lifestyle itu sendiri dapat dirasakan dengan kemajuan cara manusia menjaga pola sehat dengan menggunakan teknik yang baru.

Article Details

How to Cite
Syachrizally, A. L. K., & Widayatmoko, W. (2018). Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini. Koneksi, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2426
Section
Articles

References

Barnard, Malcolm. (2007). Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Candraningrum, Diah Ayu, Widayatmoko, & Budi Utami. (2018). Etika dan Budaya Berinteraksi di Media Sosial di SMA Warga Surakarta. Jurnal Komunikasi.

Centi, P.J. (1993). Mengapa Rendah Diri? (Cetakan kesepuluh). Yogyakarta: Kanisius.

Grogan, S. (1999). Body Image: Understanding Body Dissatisfaction in Men, Women and Children. London: Routledge.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga.

Moleong, J., Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Plummer, Joseph T. (2000). Life Style Patterns and Commercial Bank Credit Card Usage.

Xiao Wang. (2010). More Than Just Anorexia and Steroid Abuse: Effects of Media Exposure on Attitudes Toward Body Image and Self- Efficacy. Atlantic Journal of Communication.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>