Gaya Komunikasi Pimpinan dalam Memotivasi Karyawan di Perusahaan Consumer Goods
Main Article Content
Abstract
A company or organization needs a leader who is responsible for work motivation and employee performance. The right communication style will motivate someone to be able to excel, whether the employee is successful or not at work. PT XYZ is a consumer goods company that pays great attention to maintaining the motivation of its employees. This study uses several theories, namely communication theory, organizational communication, leadership communication style and motivation. This research uses a descriptive method. To complete this research, conducted in-depth interviews with three informants, namely the CEO of the learning & development division, the head of managerial leadership development and the head of functional development. And also the researcher conducted cross-interviews with triangulation of sources who were subordinates to the informants. This research concludes that the communication style applied in the Learning & Development Division of PT XYZ is a decentralized and democratic style. This communication style leads to The Equalitarian Style. Leaders in this division provide opportunities for every employee to express ideas and opinions in a relaxed manner.
Suatu perusahaan atau organisasi membutuhkan seorang pemimpin yang bertanggung jawab dalam memberikan motivasi kerja dan menilai kinerja karyawan. Gaya komunikasi yang tepat akan memotivasi seseorang untuk dapat berprestasi, dan menentukan keberhasilan karyawan dalam bekerja. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan consumer goods yang memiliki atensi tinggi dalam menjaga motivasi kayawannya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi, komunikasi organisasi, gaya komunikasi pimpinan dan motivasi. Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif. Peneliti melakukan wawancara mandalam kepada tiga narasumber yaitu CEO divisi learning & development, head of managerial leadership development, dan head of functional development. Peneliti melakukan wawancara silang dengan triangulasi sumber yang merupakan bawahan dari narasumber tersebut. Penelitian ini disimpulkan bahwa gaya komunikasi yang diterapkan di Divisi Learning & development PT XYZ adalah gaya desentralisasi dan demokrasi. Gaya komunikasi ini mengarah pada The Equalitarian Style. Pimpinan dalam divisi ini memberikan kesempatan kepada setiap karyawan dapat mengungkapkan ide dan pendapat secara rileks.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Anggriawan, F. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan di Samarinda. EJournal Lmu Komunikasi, 5(4), 260–274. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2018/02/Jurnal Fanny (02-27-18-06-59-34).pdf
Azwina, D., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gapa Citramandiri, Radio Dalam – Jakarta Selatan. DISRUPSI BISNIS, 3(1). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gapa Citramandiri, Radio Dalam
Bahri, S., & Nisa, C. Y. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 9–15. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/1395/0
Evelyn, & Tamburian, H. H. D. (2019). Gaya Komunikasi Pemilik Restoran Vegetus Vegetarian dalam Membangun Motivasi Kerja Karyawan. Koneksi, 2(2), 329. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3903
Juarsa, E. (2016). Gaya Komunikasi Pemimpin Divisi MIS PT. Trias Sentosa Tbk Krian. E-Komunikasi, 4(19). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu- komunikasi/article/view/4839
Lie, T. F., & Siagian, H. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja pada CV. Union Event Planner. AGORA, 6(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- bisnis/article/view/6483/5899
Limantoro, F. (2015). Pengaruh Gaya Komunikasi Direktur terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan di PT. Sumarni Mustajab Batu. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–11. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu- komunikasi/article/view/4933
Miles, M. B., Johnny, S., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis (Terjemahan & U.-P. Tjetjep Rohindi Rohidi (eds.); 3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.