Komunikasi Antarpribadi Ibu dan Anak Remaja Mengenai Penggunaan Internet (Studi Kasus Pada Keluarga Beretnis Tionghoa di Jakarta)

Steven Steven, Samsunuwiyati Mar’at, Lusia Savitri Setyo Utami
| Abstract views: 130

Abstract

Komunikasi antarpribadi yang dilakukan seorang ibu kepada anak dapat dilihat dari kebudayaan yang dimiliki ibu tersebut. Kebudayaan dan pola asuh yang dialami ibu semasa kecil dapat mempengaruhi pola asuh dan komunikasi antarpribadi dalam mendidik anaknya. Penelitian ini membahas komunikasi antarpribadi ibu dan anak remaja mengenai penggunaan internet pada keluarga beretnis Tionghoa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan komunikasi antarpribadi ibu dan anak remaja mengenai penggunaan internet pada keluarga beretnis Tionghoa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan tujuh narasumber, yaitu tiga informan ibu, tiga informan anak remaja, dan satu orang psikolog anak. Penulis mengumpulkan data berupa hasil wawancara dan melakukan observasi lapangan terhadap informan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kebudayaan ibu etnis Tionghoa dan pola pengasuhan ibu berkaitan erat dengan komunikasi antarpribadi mengenai penggunaan internet. Nilai tegas yang diterapkan pada keluarga beretnis Tionghoa tetap diwariskan kepada anak. Pola pengasuhan zaman dulu yang keras dan kolot sudah tidak diterapkan oleh ibu karena dianggap tidak tepat. Karakteristik komunikasi antarpribadi yang meliputi keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan memiliki peran yang besar dalam proses penyampaian pesan mengenai penggunaan internet kepada anak, disaat komunikasi tersebut sudah berjalan, maka menimbulkan kepercayaan dan kebebasan kepada anak dengan tidak melupakan nilai ketegasan dalam budaya Tionghoa.

Keywords

Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Antar Orang Tua dan Anak, dan Kebudayaan Tionghoa

References

A. DeVito, Joseph. (2007). The Interpersonal Communication 11th edition. Boston: Pearson Educations, Inc.

A. DeVito, Joseph. (2009). The Interpersonal Communication 12th edition. Boston: Pearson Education.

Bungin, Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Gunarsa, Singgih D. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Cetakan 11). Jakarta: Gunung Mulia.

Loisa, Riris. 2014. Penyingkapan Diri Melalui Internet di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara Tahun VI/03/2014.

Moleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Xin, Xu. (2010). Mencetak anak jenius dan cerdas pada Tionghoa. Yogyakarta: Pustaka Solomon . Yogyakarta: Solomon.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.