Pola Komunikasi Para Gamers Mobile Legends: Bang Bang Di Jakarta

Main Article Content

Felicia Hartarto
Suwarto Suwarto

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bentuk pola komunikasi para gamers Mobile Legends: Bang Bang dengan menggunakan konteks komunikasi online dan offline. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Terdapat empat subjek yang diteliti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pola komunikasi gamers dengan menggunakan media komunikasi serta konteks komunikasi yang dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat pola yang dibentuk oleh para gamers yaitu pola Y, pola rantai, pola bintang dan pola bintang. Pola Y terbentuk melalui konteks komunikasi online, pola rantai terbentuk dengan komunikasi online melalui sifat komunikasi non verbal yaitu menggunakan simbol-simbol dan komunikasi verbal menggunakan audio call, pola bintang terbentuk dari komunikasi online secara non verbal menggunakan simbol-simbol dan quick chat dan pola bintang terbentuk melalui konteks komunikasi offline, pemain berkumpul di rumah salah satu subjek penelitian untuk bermain dan berkomunikasi secara langsung.

Article Details

How to Cite
Hartarto, F., & Suwarto, S. (2018). Pola Komunikasi Para Gamers Mobile Legends: Bang Bang Di Jakarta. Koneksi, 1(2), 358–363. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2005
Section
Articles

References

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Lunenberg, F. C. (2011). Network Pattern and Analysis : Underused Sources to Improve Communication Effectiveness. National Forum of Educational Administration and Supervision Journal.