Analisis Interaksi Simbolik Lesbian Dalam Lagu “Girls Like Girls” Oleh Hayley Kiyoko

Main Article Content

Erica Alfred
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Penelitian ini membahas analisis interaksi simbolik pasangan lesbian dari lagu yang berjudul “Girls Like Girls” oleh Hayley Kiyoko. Peneliti ingin mengetahui pesan dan makna pengungkapan diri melalui media musik, yang ingin disampaikan penulis sekaligus penyanyi lagu tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik, dan teori eksistensi. Dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, data diperoleh dengan metode analisis wacana kritis Van Dijk, dan wawancara terhadap dua narasumber ahli psikologi. Penulis mengumpulkan data berupa artikel-artikel yang terkait dengan lagu “Girls Like Girls”, menganalisis lirik lagu untuk mencari pesan dan makna dari lagu tersebut, serta mengumpulkan bukti mengenai sikap dan perilaku seorang lesbian. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa lirik lagu dapat menjadi sebuah media untuk menyampaikan pesan atau opini seorang individu atau kelompok. Dengan menggunakan unsur seni dan pemilihan kata yang tepat, pesan dan makna dapat disampaikan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Alfred, E., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Interaksi Simbolik Lesbian Dalam Lagu “Girls Like Girls” Oleh Hayley Kiyoko. Koneksi, 1(2), 334–339. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2000
Section
Articles

References

A. Devito, Joseph. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books.

Ahmadi, Dadi. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. MediaTor, No 2, Vol 9.

Ali Maksum, Luluk Yunan Ruhendi. (2008). Paradigma Pendidikan Universal. Jakarta: PT. Gramedia.

Aminuddin. (1995). Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Aprilia, Vivi. (2016). Makna Simbolik Komunikasi Budaya Dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Batak Toba di Pekanbaru. JOM FISIP Vol 3 No. 2.

Busroh, Jamalus. (1998). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Bandung: Diterbitkan Untuk Umum

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

G. Genep S., & Aulia Siska. (2015). Twitter “Anak” New Media yang Revolusioner (Medium Pembangun Globalisasi). Karya Ilmiah Dosen Fikom.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>