Analisis Isi Pelanggaran Kode Etik Citizen Journalism Pada Berita Olahraga Sepak Bola di Media Sosial Facebok

Main Article Content

Andreas Wijaya
Pinckey Triputra

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan pelanggaran Kode Etik Citizen Journalism yang dilakukan oleh citizen journalist pada bidang olahraga sepak bola di media sosial Facebook. Kecanggihan media sosial yang tidak diimbangi dengan pemahaman etika, mendorong penulis untuk meneliti masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pelanggaran yang dilakukan oleh citizen journalist dalam bidang olahraga dan untuk mendeskripsikan kemampuan citizen journalist disaat ini lewat hasil yang diberikan. Teori yang digunakan secara garis besar oleh peneliti ialah etika komunikasi dan Kode Etik Pewarta Warga. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian analisis isi. Kasus berita yang diambil mengenai meninggalnya pesepak bola Persela Choirul Huda. Data primer diperoleh peneliti melalui observasi berita di media sosial Facebook, sedangkan data sekunder diperoleh peneliti melalui kajian pustaka. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh media citizen journalism Berita Liga Indonesia Today, Jurnal Sepakbola, dan Berita Bola Terkini relatif kecil. Sedangkan untuk elemen kode etik yang paling sering dilanggar dari ketiga media tersebut ialah tidak mencantumkan identitas atau sumber berita dan tidak menghormati kehidupan privasi seseorang lewat penyensoran.

Article Details

How to Cite
Wijaya, A., & Triputra, P. (2018). Analisis Isi Pelanggaran Kode Etik Citizen Journalism Pada Berita Olahraga Sepak Bola di Media Sosial Facebok. Koneksi, 1(2), 248–252. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.1961
Section
Articles

References

Eriyanto. (2011). Analisis isi: pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Judhita, Christianty. (2014). Etika jurnalisme bencana dalam berita televisi (bencana gunung berapi Sinabung di tvOne). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara. 6(1), 35-37.

Kurniawan, Moch. Nunung. (2007). Jurnalisme warga di Indonesia, prospek, & tantangannya. Jurnal Makara Sosial Humaniora Universitas Indonesia. 11(2), 71-78.

Mufid, Muhamad. (2009). Etika dan filsafat komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Pratiwi, Tyas Adinda. (2010). Pemahaman citizen journalist tentang etika jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik dalam Citizen Journalism di media online. Depok: Indonesia University Press.

Kode Etik Pewarta Warga Indonesia. (2009, Januari 13). Retrieved September 26, 2017, from Persatuan Pewarta Warga Indonesia: http://pewarta-indonesia.com/ppwi/kode-etik.html

Straubhaar, Joseph., & LaRose, Robert. (2006). Media now. United States: Thomson Wadsworth.

Yusuf, A. Muri. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.