Kampanye Akun Instagram @Nonawoman dalam Mematahkan Stigma Seputar Menstruasi di Kalangan Masyarakat

Main Article Content

Cindy Young
Septia Winduwati

Abstract

Gender inequality has existed since a long time ago. Women are often seen as muted group and known as a weak figure. Various stigmas about women also appear in everyday life. For example stigma about menstruation. There are many views in society that consider menstruation as something taboo and must be covered up. That viewpoint of menstruation also happening in Indonesia. This is due to the limitations of education and communication. Various feminism campaign movements were also present as an effort so that women have the same equality as men did. In this research, author uses a qualitative approach with case study method to find out the campaign movement by @Nonawoman in their Instagram account to break the stigma about menstruation in society. Subject that chosen as key informan was the co-founders of Nonawoman. The purpose of this research to know about background, implementation and feedback of the campaign that carried out by Nonawoman. Based on research, author find out that this campaign received positively in society, especially by women.


Ketidaksetaraan gender sudah terjadi sejak zaman dahulu. Perempuan tidak jarang dianggap sebagai kelompok bungkam dan dipandang sebagai sosok yang lemah. Berbagai stigma tentang perempuan pun bermunculan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya yakni stigma menstruasi. Banyak pandangan dalam masyarakat yang menganggap menstruasi sebagai sesuatu yang tabu dan harus ditutupi. Pandangan terkait menstruasi tersebut pun terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena keterbatasan edukasi dan komunikasi. Berbagai gerakan kampanye feminisme pun hadir sebagai upaya agar perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui gerakan kampanye yang dilakukan oleh akun Instagram @Nonawoman dalam mematahkan stigma seputar menstruasi di kalangan masyarakat. Subjek yang dipilih sebagai key informan dalam penelitian ini adalah co-founder of Nonawoman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, pelaksanaan dan umpan balik dari kampanye yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, kampanye ini mendapat umpan balik yang positif dari masyarakat khususnya perempuan.

Article Details

How to Cite
Young, C., & Winduwati, S. (2022). Kampanye Akun Instagram @Nonawoman dalam Mematahkan Stigma Seputar Menstruasi di Kalangan Masyarakat. Koneksi, 6(2), 390–397. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15728
Section
Articles

References

Clairine, F., & Widayatmoko, W. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram @sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education. Koneksi, 3(1), 228. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6213

Girsang, L. (2017). Opini Perempuan sebagai Bagian Kelompok Masyarakat Pascaprogram Penertiban Pemukiman Kampung Pulo dan Kalijodo di Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 01(01), 668–678.

Jizhar, N., & Pranatajaya, M. (2021). About Us Nonawoman. https://nonawoman.com/pages/about

Leonard, S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Media Antar Nusa Terhadap Brand Awareness Nusa ID. Universitas Tarumanagara.

Mustafa, A. Y. (2019). Laki - laki dan menstruasi: Apakah ada tabu di antara kita? Magdalene. https://magdalene.co/story/laki-laki-dan-menstruasi

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Methods, serta R&D). Pusaka Jambi.

Saputri, E. A. (2020). Gerakan Sosial Women’s March Jakarta dalam Melakukan Konstruksi atas Anti Kekerasan Seksual pada Perempuan di Indonesia [Univeristas Muhammadiyah Surakarta]. In ilmu komunikasi. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/86185

Setyanto, Y., & Anggarisa, paula t. (2016). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan dengan Media. Jurnal Komunikasi, 9(September), 2–10.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis (Cetakan Pe). Suaka Media.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>