Analisis Semiotika Makna Optimisme pada Video Klip Super-M “We-Do”

Main Article Content

Kimberly Surjanto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Video clips are communication media that have meaning. To reveal a meaning, it is necessary to analyze using semiotic method. There are various types of semiotic methods, one of which is John Fiske's semiotic method. Using this method, the researcher wants to know the meaning of optimism described in the Super-M video clip with the title "We-Do". This video clip was released during a pandemic with the aim of improving the quality of life both physically and psychologically. Video clips of published works of art are able to convey a message to the audience. Psychologically, works of art can have an emotional impact and can even change a person's mindset. The pandemic conditions are not easy, resulting in various problems, one of which is mental health problems. By using semiotic analysis, it is expected to find pictures of the meaning of optimism in the video clip. From the results of this study, found several signs that indicate the meaning of optimism. The meaning of optimism contained in the video clip "We-Do" leads to positive thinking and moving forward to face all challenges. Passion in facing everything and focus on one goal to move forward.

Video klip merupakan media komunikasi yang memiliki makna. Untuk menguak suatu makna maka dibutuhkan analisis menggunakan metode semiotika. Metode semiotika sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah metode semiotika John Fiske. Menggunakan metode ini, peneliti ingin mengtahui makna optimisme yang digambarkan dalam video klip Super-M dengan judul “We-Do”. Video klip ini dirilis pada kondisi pandemi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup baik secara fisik maupun psikis.Video klip hasil karya seni yang dipublikasikan mampu membawa pesan bagi kahalyak. Secara psikologis, karya seni mampu memberikan dampak secara emosional bahkan dapat mengubah pola pikir seseorang. Kondisi pandemi yang tidak mudah, mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah kesehatan mental. Dengan menggunakan analisis semiotika, diharapkan dapat menemukan gambaran-gambaran makna optimisme pada video klip tersebut. Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa tanda yang menunjukkan makna optimisme. Makna optimisme yang terkandung dalam video klip “We-Do” mengarah pada berpikir positif dan terus maju menghadapi segala tantagan. Semangat dalam menghadapi segala hal dan fokus pada satu tujuan untuk maju.

Article Details

How to Cite
Surjanto, K., & Sukendro, G. G. (2022). Analisis Semiotika Makna Optimisme pada Video Klip Super-M “We-Do”. Koneksi, 6(1), 143–149. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15518
Section
Articles
Author Biographies

Kimberly Surjanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

A, M. R., & Dr. Hamdani M. Syam, M. A. (2017). Analisis Semiotika Pesan-Pesan Optimisme dalam Film Sang Pemimpi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(4), 287–298.

http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/5552

Benjamin, J. (2019, August 7). SuperM, ‘The Avengers Of K-Pop,’ Unveiled By SM Entertainment And Capitol Music Group.

https://www.forbes.com/sites/jeffbenjamin/2019/08/07/super-m-the-avengersof-k-pop-unveiled-by-sm-entertainment-and-capitol-musicgroup/?sh=217aeb546138

Fadli, dr R. (2020, October 7). Survey WHO tentang Kesehatan Mental dan COVID19. https://www.halodoc.com/artikel/survey-who-tentang-kesehatan-mentaldan-covid-19

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (3rd ed.). Rajawali Pers.

Hasanah, R., & Taefur, I. (2016). The Shift Meaning of Masculinity in Nivea Deodorant Men Invisible Black And White Advertising (Television code by John Fiske). International Conference on Transformation in Communication (ICOTIC), 0(0).

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/icotic/article/view/5657

Mudjiyanto, B., Nur, E., Pengkajian, B., Komunikasi, P., Jakarta, I., Pengkajian, B. B., Makassar, I., & Abdurrahman Basalama, J. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication. Informatika Dan Media Massa PEKOMMAS, 16(1).

Patimah, D., & Murni. (2017). Analisis Kualitatif Gaya Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 106–118.

Prasetya, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi.

Pratisti, W. D., & Helmi, A. F. (2014). Dimensi Optimisme pada Remaja. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6408

Prudential Indonesia. (2021). Prudential Berkolaborasi dengan grup k-pop SuperM meluncurkan “We Do Well Together” | Prudential Indonesia. https://www.prudential.co.id/id/news/we-do-well-together/

Rini, K. P., & Fauziah, N. (2019). Feminisme dalam Video Klip Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(2), 317–328. https://doi.org/10.10358/JK.V5I2.669.G636

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Salim, V., & Sukendro, G. G. (2021). Representasi Kritik Sosial dalam Film Parasite (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 5(2),381- 386.

https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/10387

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Thanoesya, R., Syahniar, S., & Ifdil, I. (2016). Konsep Diri dan Optimisme Mahasiswa dalam Proses Penulisan Skripsi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2(2), 58–61. https://doi.org/10.29210/02016183

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>