Analisis Motif Penggunaan Aplikasi Media Sosial LINE (Studi Kasus terhadap Remaja Jakarta berusia 16-19 tahun)

Main Article Content

Linsye Linori Tanama
Farid Rusdi
Septia Winduwati

Abstract

Pada penelitian ini, penulis membahas tentang media komunikasi sosial, yakni media baru, khususnya dalam konteks motif penggunaannya. Dari berbagai media komunikasi sosial yang ada, penulis fokus pada aplikasi pesan instan LINE. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran teori komunikasi, jenis komunikasi, new media, Uses and Gratification Theory, media sosial dan remaja. Penelitian ini menggunakan mixed-methods dengan sifat penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 30 responden dan melakukan wawancara mendalam dengan informan, yakni remaja Jakarta 16-19 tahun yang aktif menggunakan LINE. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa remaja menggunakan LINE didasari oleh motif hiburan, yaitu penggunaan sticker. Kemudian dari data kualitatif menunjukkan bahwa remaja yang aktif menggunakan LINE didasari atas empat motif McQuail, yakni motif informasi (karena informan dapat mengakses berita LINE update), motif identitas pribadi (karena informan dapat menemukan penunjang nilai-nilai yang berkaitan dengan pribadi mereka sendiri), motif integrasi dan interaksi sosial (karena informan dapat berkomunikasi secara personal maupun grup melalui via chat, call, maupun video call), motif hiburan (karena informan merasa terhibur saat menggunakan aplikasi tersebut).

Article Details

How to Cite
Tanama, L. L., Rusdi, F., & Winduwati, S. (2018). Analisis Motif Penggunaan Aplikasi Media Sosial LINE (Studi Kasus terhadap Remaja Jakarta berusia 16-19 tahun). Koneksi, 1(1), 116–122. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1365
Section
Articles
Author Biographies

Linsye Linori Tanama, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Indonesia Messenger Trend Report 2016. (2016, Februari 14). Retrieved March 17, 2017, from Jakpat Online: https://blog.jakpat.net/indonesia-messenger-trend-report-2016-free-report/

Irwansyah, Budiarti. (2011). Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurlailah., Azeharie, S. (2012). Pengaruh Program MTV Terhadap Gaya Hidup Remaja Jakarta. Jurnal Komunikasi, 1, 64-79.

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, E. H. (2016). Komunikasi dan Gerakan Perubahan: Kemajemukan Dalam Konstelasi Sosial, Ekonomi, Politk. Jurnal Penelitian, 1, 1-2.

West, R., Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. (Edisi 3). (Buku 1). Jakarta: Salemba Humanika.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>