Strategi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja di PT Granton Marketing

Main Article Content

Edric Kusuma

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang penerapan strategi komunikasi antar pribadi di PT Granton Marketing dalam rangka meningkatkan kinerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi antar pribadi dalam meningkatkan kinerja para karyawan di PT Granton Marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena menggunakan teori sebagai alat penelitian sejak memilih dan menemukan masalah, melakukan pengamatan sampai dengan menganalisis data. Penulis melakukan wawancara mendalam kepada empat orang yang bekerja di PT Granton Marketing yaitu manager, assistant manager, dan selaku staf sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini antara lain bahwa strategi komunikasi yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja sudah optimal dikarenakan komunikan memahami pesan yang disampaikan, adanya pembinaan melalui komunikasi secara langsung dan juga kegiatan motivasi berupa pemberian bonus tambahan. Dalam melakukan komunikasi antar pribadi kepada para karyawan, manager cenderung menggunakan komunikasi ke bawah secara lisan melalui komunikasi organisasi. Dengan adanya komunikasi organisasi dan komunikasi antar pribadi terciptanya kinerja karyawan yang efektif. Itu bisa terlihat dari kualitas dari setiap karyawan, kuantitas, ketepatan waktu dari karyawan mulai dari masuk kantor hingga pulang kantor, efektivitas dari tingkat komunikasi yang disampaikan oleh manager, dan kemandirian dari para karyawan tersebut.

Article Details

How to Cite
Kusuma, E. (2018). Strategi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja di PT Granton Marketing. Koneksi, 1(1), 70–74. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1355
Section
Articles
Author Biography

Edric Kusuma, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan H.M. 2009. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenama Media Group.

DeVito, Joseph A. (2009). The Interpersonal communication book. Boston: Pearson Education, Inc.

Effendy, Onong Uchyana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Group.

Setyanto, Y. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi), Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Data terarsip di: http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/38.