Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19

Main Article Content

Michelle Levine
Septia Winduwati

Abstract

Covid-19 pandemic had brought significant changes in the education sector. Social distancing to suppress the spread of this virus is a main reason to arrange online learning activities using new media virtual meeting. This changes makes lecturers need to adapting in ability to convey learning material properly so that lecturers need to have a new strategies in online learning activities. This thesis aims to know how the communication strategies of lecturers on teaching and learning in online process during the Covid-19 pandemic. The main theoretical concepts are used strategy of communication, new media, educational communication, and distance learning. The main concept in this thesis is strategy of communication, new media, educational communication, and distance learning. The methods of data collection in this thesis were used interviews and literature study. Interviews were conducted with four informants who works as lectures at Jakarta. This thesis shows that the lecturer analyzes the media who used for online learning, online learning is also filled with problem-based learning methods, adding or subtracting substance.

Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang signifikan dalam sektor Pendidikan. Pembatasan jarak untuk menekan penyebarluasan virus menjadi alasan utama diadakannya perkuliahan daring. Perubahan ini membuat dosen harus beradaptasi agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik. Dosen harus memiliki strategi baru dalam perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategic komunikasi dosen perguruan tinggi swasta dalam perkuliahan daring di masa pandemi covid-19. Konsep utama yang digunakan adalah strategi komunikasi, media baru, komunikasi pendidikan, dan pembelajaran jarak jauh. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Wawancara dilakukan kepada empat orang narasumber yang berprofesi sebagai dosen di perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa dosen melakukan analisa terhadap media-media yang digunakan untuk pembelajaran daring, pembelajaran daring juga dipenuhi oleh metode problem based learning, memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, melakukan pengurangan atau penambahan substansi atau bobot tugas dan materi, serta bermain dengan tempo dan intonasi saat berbicara.


Article Details

How to Cite
Levine, M., & Winduwati, S. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 157–164. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10220
Section
Articles
Author Biographies

Michelle Levine, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 18, No. 2, 12 - 24.

Gusty, Sri., Nurmiati., Muliana., Sulaiman, Oris Krianto., et. al. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 Konsep, Strategi, Dampak dan Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 10, No. 1, 48-52.

Kania, Ikeu., Rachmawati, Ike., & Juhana, Ujuh. (2018). Strategi Komunikasi. Malang: UMM Press

Khairil, M. (2018). Analisis Pemanfaatan New Media Melalui Jaringan Media Sosial. Jurnal National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 772 - 779.

Moenawar, M. G., Nasucha, M., & Arianti, G. (2017). Media komunikasi: Diskursus Profetik, Agama, dan Pembangunan. Jakarta: UAI Press.

Moore, J. L., Deane, C. D., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. The Internet and Higher Education Volume 14, Issue 2, 129-135.

Naway, F. A. (2017). Komunikasi dan Organisasi Pendidikan. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurrohman, N. (2015). Penerapan Strategi Komunikasi Efektif Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Kota Kediri Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Donatur. Kediri: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV. Sarnu Untung

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A.. Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.

Santoso, A., & Sutisno, B. (2018). Profil Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian Pada Siswa Kelas XI di Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Supriyadi, S. (2016). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83-93.

Syaipudin, Latif. (2020). Peran Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungangung). Kalijaga Jurnal of Communication Vol. 2, No. 1, 14-34.

Utami, L. S., Setyanto, Y., & Winduwati, S. (2016). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Eco-Tourism Pulau Lombok. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. (2018). Strategi Komunikasi dalam Interaksi dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, Vol. 2 No. 1, 9-16.

Wedananta, K. A. (2016). Strategi Komunikasi Dosen dalam Bahasa Inggris di International Office di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vo. 1 No. 1, 79-91.

Wibisono, G. (2017). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News Indonesia’ terhadap Perilaku Nasionalisme. Jurnal Studi Pemuda Vol. 6 No.2, 590-604.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. LENTERA, 17(1).

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 646 - 654.

Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: IAIN Palopo.

Zakaria, T. M., Saragih, S., Setiawan, S., & Gunawan, P. R. (2020). Kesiapan Dosen, Mahasiswa, dan Karyawan Dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh dan Work from Home selama Pandemi Covid-19. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>