Komunikasi Ekspresi dalam Permainan Teater oleh Aktor Teater

Main Article Content

Agustino Agustino
Sinta Paramita
Nigar Pandrianto

Abstract

Theatre is one of the art performances that people from various circles are interested in. Theatre has become an extra-curricular activity or curriculum in various schools and campuses. This theatre game is played by actors who play characters according to the script given by the director. Communication becomes a factor in playing theatre, one of which is expression. Actors not only use expressions only to complement dialogue but also as a form of dialogue itself. Then a problem formulation appears, namely how to communicate expressions in theatre plays by theatre actors. This study aims to determine how theatre actors communicate expression in theatre plays. The theory used in this research is the cumulative structure theory. The approach used in this research is qualitative research. The research method used in this research is a case study using data collection methods in the form of interviews and observations. Data processing and analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The result of this research is the communication of expression is carried out by theatre actors by conveying a meaning and honesty from within. The delivery of this meaning is carried out with facial expressions and body movements. Forms of communication expression are facial expressions, gestures, and voices.

Teater merupakan salah satu pertunjukan seni yang diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Teaterpun menjadi kegiatan extra kulikuler atau kurikulum diberbagai sekolah dan kampus. Permainan teater ini dimainkan oleh para aktor yang memerankan karakter sesuai dengan naskah yang diberikan oleh sutradara. Komunikasi menjadi salah satu faktor dalam bermain teater salah satunya adalah ekspresi. Para aktor tidak hanya menggunakan ekspresi hanya untuk pelengkap dialog tapi juga sebagai bentuk dari dialog itu sendiri. Maka muncul suatu rumusan masalah yakni bagaimana komunikasi ekspresi dalam permainan teater oleh aktor teater. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana aktor teater melakukan komunikasi ekspresi dalam permainan teater. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur Kumulatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan Verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi ekspresi dilakukan oleh aktor teater dengan menyampaikan sebuah makna dan jujur dari dalam diri. Penyampaian makna ini dilakukan dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh. bentuk dari komunikasi ekspresi merupakan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan suara.

Article Details

How to Cite
Agustino, A., Paramita, S., & Pandrianto, N. (2021). Komunikasi Ekspresi dalam Permainan Teater oleh Aktor Teater. Koneksi, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10139
Section
Articles
Author Biographies

Agustino Agustino, Universitas Tarumanagara

Falkutas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Nigar Pandrianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bachri, B. S. (2010) Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62. Oktober 25, 2020.

Dosen Pendidikan. (2020). “Ekspresi” Pengertian. Diakses dari

https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-ekspresi-dan-jenis/ pada 25 September 2020.

Ilmu Seni (2020). Pengertian Improvisasi dalam Teater – Jenis dan fungsinya. Diakses dari https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-teater/pengertian-improvisasi-dalam-teater/ pada 22 Oktober 2020.

Mufida, Y. N., & Azeharie, S. S. (2020). Pengungkapan Diri Anak Tunarungu Dalam Kelompok Teater Tujuh di Jakarta. Koneksi, 4(1), 106-111. Diakses di https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/6623

Pendidikan. (2020). Pengertian Seni Teater. Diakses dari

https://pendidikan.co.id/pengertian-seni-teater/ pada 22 Oktober 2020.

Rahayu, Kiki. (2019). Aktivitas Komunikasi Nonverbal Guru Pada Anak Tunagrahita Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Pada Guru SDLB Negeri Kedungkandang). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Soendari, T. (2010). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wood, Julia T. (2013). Communication Mosaics an Introduction to The Field of Communication. Boston, Massachusetts: Cengage Learning.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>