Interpretasi Tagar #Savehajilulung Di Kalangan Netizen Pengguna Twitter

Main Article Content

H.H Daniel Tamburian

Abstract

Abstract

#SaveHajiLulung Tagar had become so phenomenal virtual world for people all over the world. This study aims to determine how the interpretation tagar #SaveHajiLulung among netizens twitter users considering the mismatch context with the content of the tweet hashtag netizen. The theory used include communication theory, mass communication, new media, social media, netizens and the theory of reputation. The method used is descriptive qualitative. The data collection techniques are interviews with key informants and users tagar #SaveHajiLulung, observation and study of literature. The results showed tagar #SaveHajiLulung interpretation is a form of sarcasm and harsh criticism against the figure of Haji Lulung.

 Abstrak

Tagar #SaveHajiLulung sempat menjadi begitu fenomenal bagi masyarakat dunia maya di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interpretasi tagar #SaveHajiLulung di kalangan netizen pengguna twitter mengingat ketidaksesuaian konteks tagar dengan isi dari tweet netizen. Teori yang digunakan diantaranya teori komunikasi, komunikasi massa, new media, media social, netizen dan teori reputasi. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu wawancara dengan key informan dan pengguna tagar #SaveHajiLulung, observasi dan kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan interpretasi tagar #SaveHajiLulung merupakan bentuk sindiran dan kritik keras terhadap sosok Haji Lulung.

 

Article Details

How to Cite
Tamburian, H. D. (2015). Interpretasi Tagar #Savehajilulung Di Kalangan Netizen Pengguna Twitter. Jurnal Komunikasi, 7(1), 81–97. https://doi.org/10.24912/jk.v7i1.9
Section
Articles
Author Biography

H.H Daniel Tamburian, Universitas tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, Elvinaro. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, ElvinarO. (2011). Media Jejaring Sosial dari Perspektif Komunikasi dan Kualifikasi Sarjana Komunikasi Teknologi Komunikasi, dalam Fajar Junaedi, Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Biagi, Shirley. (2010). Media Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Cutlip. Scott M., Allen H. Center., & Glen M. Broom. (2009). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenada Media Group

Flew, Terry. (2008). New Media: An Introduction. Third Edition. Australia: Oxford University Press.

Hasanuddin, dkk. (2011). Anxieties / Desires. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Junaedi, Fajar. (2011) Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi, Matu Padi Pressindo

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kuncoro, Mudrajad. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, Yuliandi. (2009). Pintar Twitter: Blogging Mudah di Mana Saja, Tip Berbisnis via Twitter, Tip & Trik Gampang Kelola Twitter. Jakarta: Grasindo.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Mayfield, Anthony. (2008). What is Social Media? UK: iCrossing

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia

Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Rumanti, Maria Assumpta. (2004). Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Edisi Revisi 10. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sandjaja, B dan Heriyanto A. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santosa, Hedi Pudjo. (2011). Implikasi Media Sosial Pada Perkembangan Ilmu Komunikasi. Dalam Fajar Junaedi,Komunikasi 2.0, Teoritisasi dan Implikasi (hlm. 29-48). ASPIKOM.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia: Esensi dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Vardiansyah, Dani. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa. Edisi ke-delapan. Jakarta : Prenada Media Kencana.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarna