Karakteristik Inovasi Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis Bagi Ibu Rumah Tangga Di Kota Bandung

Main Article Content

Meria Octavianti
Iwan Koswara
Dhisa Yunita Advika Sari

Abstract

Abstract:

Bandung become one of the pilot areas of “Kantong Plastik Tidak Gratis” policy which is a pilot project to resolve the plastic garbage problem in Indonesia. At trial implementation of this policy, the mothers of households in the Bandung City, which is the main target of the policy, are required to bring their own shopping bags or have to spend money to pay for plastic bags that they will use. As an innovation, this policy has five characteristics that can be assessed to determine whether the policy can be easily accepted or difficult. According to Rogers, the five policy are relative advantage, compatibility, complexity, trialability, and observability (1983 : 5 ). Accordingly, this study aims to reveal how the assessment of mother - housewife in the city of Bandung on the five characteristics of innovation policy. The theory used as the basis of this research is the theory Innovation Diffusion from Everett M. Rogers . The research method used is quantitative method with survey approach. The data collection study conducted by distributing questionnaires to 103 housewives in Bandung, which has been selected by using multistage cluster sampling technique . The results showed that the characteristics of innovation policy consisting of relative advantage, compatibility, triability , and observability overall rated high by mothers of households in Bandung City . While the characteristics of the complexity of the policy rated low because the majority of mothers of households think that this policy is easy to apply. It can be concluded that the characteristics of innovation policy is considered to be good by the mother of households in Bandung City .

Abstrak:

Kota Bandung dijadikan salah satu tempat uji coba dari kebijakan kantong plastik tidak gratis yang merupakan pilot project untuk mengatasi permasalahan sampah palstik di Indonesia. Pada pelaksanaan ujicoba kebijakan ini, ibu-ibu rumah tangga di Kota Bandung, yang merupakan target utama dari kebijakan, diharuskan untuk membawa tas belanja sendiri atau harus  mengeluarkan uang untuk membayar kantong plastik yang akan mereka gunakan. Sebagai sebuah inovasi, kebijakan ini memiliki lima karakteristik yang dapat dinilai untuk mengetahui apakah kebijakan tersebut dapat dengan mudah diterima atau justru sebaliknya. Menurut Rogers, lima kebijakan tersebut yaitu keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, trialabilitas, dan observabilitas (1983:5). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penilaian ibu-ibu rumah tangga di Kota Bandung terhadap lima karakteristik inovasi dari kebijakan kantong plastik tidak gratis.Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah teori divusi inovasi dari Everett M. Rogers. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 103 ibu rumah tangga di Kota Bandung yang telah terpilih dengan menggunakan teknik multistage cluster sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik inovasi kebijakan kantong plastik tidak gratis yang terdiri dari keuntungan relatif, kompatibilitas, triabilitas, dan observabilitas secara keseluruhan dinilai tinggi oleh ibu-ibu rumah tangga di Kota Bandung. Sedangkan karakteristik kompleksitas dari kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis  dinilai rendah karena mayoritas ibu-ibu rumah tangga menganggap bahwa kebijakan ini mudah untuk diterapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karakteristik inovasi dari Kebijakan Kantong Pastik Tidak Gratis dinilai sudah baik oleh ibu-ibu rumah tangga di Kota Bandung.

 

Article Details

How to Cite
Octavianti, M., Koswara, I., & Sari, D. Y. A. (2017). Karakteristik Inovasi Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis Bagi Ibu Rumah Tangga Di Kota Bandung. Jurnal Komunikasi, 8(2), 134–146. https://doi.org/10.24912/jk.v8i2.64
Section
Articles
Author Biographies

Meria Octavianti, Universitas Padjadjaran

Program Studi Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi

Iwan Koswara, Universitas Padjadjaran

Program Studi Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi

Dhisa Yunita Advika Sari, Universitas Padjadjaran

Program Studi Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aditya, Pangeran. (2016). “Bulan Depan Kota Bandung Terapkan Kantong Plastik Berbayar”, diakses dari http://bandung.merdeka.com/halo-bandung/bulan- depan-kota-bandung-terapkan-kantong-plastik-berbayar-160119v.html, pada tanggal 28 Februari 2016 pukul 16:12 WIB

Dilla, Sumadi. (2010). Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hanafi, Abdillah. (1987). Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Surabaya: Usaha Nasional. Levis, Leta. (1995). Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

MqQuail, Dennis. (1987). Mass Communication Theory. Jakarta: Erlangga.

Nasution, Zulkarimen. (2012). Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nuraini, Okke. (2016). “Kebijakan Membayar Kantong Plastik Belanja Mulai Diterapkan Februari 2016”, diakses dari http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/kebijakan-membayar-kantong- plastik-belanja-mulai-diterapkan-februari-2016, pada tanggal 8 Februari 2016 pukul 11:44 WIB

Okezone, (2016). “17 Kota Akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar”, diakses dari http://economy.okezone.com/read/2016/01/08/320/1283808/17-kota-akan- terapkan-kantong-plastik-berbayar, pada tanggal 8 Februari 2016 pukul 11:46 WIB

Prastowo, Ari Agung. (2009). Pemetaan Karakteristik Sosial dan Budaya Masyarakat, Studi Deskriptif Upaya Pemberdayaan Masyarakat dalam Konservasi Air. 2014. Jakarta: Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara No. ISSN 2085-1979

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rogers, Everett.(1983). Diffusion of Innovation Third Edition. New York: The Free Press.

Singarimbun, Effendi. (1995). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Venus, Antar. (2009). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.