Pengaruh Pemberitaan Media Massa Terhadap Kredibilitas Pemimpin Simbolik Keagamaan

Iwan Joko Prasetyo
| Abstract views: 2384 | views: 850

Abstract

ABSTRAK

Kredibilitas seorang pemimpin simbolik keagamaan sangat dipengaruhi oleh pemberitaan yang disampaikan oleh media massa. Penelitian ini membahas kredibiltas KH. Fuad Amin (tokoh simbolik keagamaan) yang tersangkut kasus korupsi di kalangan mahasiswa Madura di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Pembahasan masalah tersebut dikaji dengan teori-teori yang ada dalam disiplin ilmu komunikasi. Teori yang mendasari adalah teori kepemimpinan, teori-teori tentang media massa, teori tentang kredibilitas kepemimpinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “explanatory survey” yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total populasi yaitu menggunakan seluruh populasi mahasiswa Madura yang aktif kuliah di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Dari hasil perhitungan uji statistik yang dilakukan menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh yang lemah atau rendah antara pemberitaan kasus korupsi KH. Fuad Amin dengan kredibilitas pemimpin simbolik keagamaan. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi, dimana nilai r sebesar 0,276.    

ABSTRACT

The credibility of a leader of the religious symbolic greatly influenced by the publicity given by the media. This study discusses the credibility of KH. Fuad Amin (religious symbolic figures) are involved in corruption cases among students at the University of Madura Dr. Soetomo. Discussion of the issue studied by the theories that exist in the communication disciplines. The underlying theory is a theory of leadership, theories about the mass media, the theory of leadership credibility. The method used in this research is the method of "explanatory survey" that is research taking sample from a population and using a questionnaire as a data collection tool that subject. The sample used in this study is the total population that uses the entire population of Madura active student studying at the University Dr. Soetomo. From the calculation of statistical tests performed show that there is a significantly lower influence of the weak or between reporting cases of corruption KH. Fuad Amin with the symbolic leaders of religious credibility. This is evidenced by the statistical test by using correlation analysis, where the r value of 0.276. 

 

Keywords

Kredibilitas; Media Massa; Credibility; Media

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsini. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV. Jakarta : PT Rineksa Cipta.

Griffin, Ricky. (2004). Manajemen Jilid 1, Edisi 7. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Haris, Sumadiria. (2005). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ishwara, Luwi. (2005). Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

McQuail, Dennis. (1994). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Edisi Kedua Alih Bahasa oleh Agus Darma dan Aminudin. Jakarta: PT Erlangga.

Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Copyright (c) 2017 Jurnal Komunikasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.