STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM INTERNET SEHAT DAN AMAN KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA (STUDI KASUS EVALUASI PROGRAM INCAKAP TAHUN 2015

Main Article Content

Sucianty Dyah Astuti
Idola Perdini Putri
Dini Salmiyah Fithrah Ali

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan penggunaannya dalam kehidupan dan pergaulan, internet telah menjadi sebuah gaya hidup (life style) di masyarakat. Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia memunculkan berbagai dampak di masyarakat baik positif maupun negatif. Untuk membuat pemahaman di masyarakat terhadap penggunaan internet pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia membuat suatu program, yaitu Internet Sehat dan Aman dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Penelitian ini mengambil fokus pada evaluasi program internet sehat dan aman yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tahun 2015. Tujuan dari penelitian adalah melihat strategi komunikasi dan pencapaian tujuan dari program internet sehat dan aman  yang dilakukan KemKominfo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan riset studi kasus deskriptif. Data diperloeh melalui wawancara dan studi pustaka, sedangkan informan pada penelitian ini adalah staff KemKominfo pada bagaian Direktorat Jenderal Aplikasi Infomatika sub direktotar pemberdayaan informatika sebanyak tiga orang. Dari seluruh rangkaian proses penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian Program Internet Sehat dan Aman  hingga tahun 2015 telah mencapai target namum belum 100%. (2) Dalam pelaksanaan program INSAN terdapat beberapa hambatan yang dihadapi KemKominfo, yaitu: (i) Keterbatasan Anggaran Pemberian dan Belanja Negara (APBN), (ii) keterbatasan daya jangkau akibat letak geografis indonesia yang merupakan negara kepulauan.(3) perlu dilakukan evaluasi menganai penggunaan media online dalam startegi komunikasi program internet sehat dan aman (4) Terjadi beberapa perubahan sejak awal dilaksanakannya program INSAN pada tahun 2008 hingga tahun 2015 sebagai hasil dari evaluasi program yang dilakukan KemKominfo, yaitu : (i) perubahan INSAN nama sejak tahun 2003 menjadi INCAKAP, (ii) Perubahan Logo INSAN, (iii) perubahan maskot INSAN.

Abstract

Internet has become a lifestyle in community along with the development of internet technology in the life and social relationship. The high number of internet users in Indonesia gave rise to a variety of impacts on society, both positive and negative. Relates with these impacts, to create an understanding in the community against the use of the internet the Government through the Ministry of communications and Informatics of the Republic of Indonesia create  program, that is Internet healthy and safe in order to socialize the use of the internet for healthy and safe through the ethics of the Internet learning healthy by involving all components of society.The research focused on the evaluation of healthy and safe internet programme conducted by the Ministry of communications and Informatics of the Republic of Indonesia in 2015. The objective of the research is to perceive the communication strategy and the achievement of the objectives of the healthy and safe internet program by KemKominfo. This research used the qualitative method with descriptive case study research. The data obtained through interviews and literature studies, while informants in this study was KemKominfo staff on to the various Directorate General Application Infomatika sub direktotar empowerment of informatics as many as three people. Through the whole concatenation of process research obtained results that indicate that: (1) the achievement of healthy and safe Internet Programme until 2015 has achieved the target but not 100%. (2) in the implementation of the program there are some obstacles faced by KemKominfo, specifically: (i) the limitation of APBN, (ii) affordability limitations due to the geographical of indonesia as an archipelago state. (3) the evaluation needs to be done about the use of online media in the communication strategy of healthy and secure internet program. There were some changes since the beginning of the implementation of the Insan program in the year 2008 to 2015 as a result of the evaluation of the program conducted by KemKominfo, namely: (i) the change in INSAN name since 2003 into INCAKAP, (ii) the change of INSAN logo , (iii)  the change of INSAN mascot.

Article Details

How to Cite
Astuti, S. D., Putri, I. P., & Ali, D. S. F. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM INTERNET SEHAT DAN AMAN KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA (STUDI KASUS EVALUASI PROGRAM INCAKAP TAHUN 2015. Jurnal Komunikasi, 8(1), 25–35. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.47
Section
Articles
Author Biographies

Sucianty Dyah Astuti, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Idola Perdini Putri, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Dini Salmiyah Fithrah Ali, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

References

Maulana, Adi (2015) Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta. Diakses pada http://tekno.liputan6.com/ ( 15 Januari 2016, pukul 21.00 WIB)

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakata: PT Rajagrafindo Persada

Mulyana, Deddy. 2005. Human Commnication Konteks-konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oliver, Sandra.2006. Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga

Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.

Widjajanto, Kenmada. 2013. Perencanaan Komunikasi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimu

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2015. Laporan Tahunan Hasil Kegiatan INCAKAP. Jakarta